Sebanyak 14 atlet asal Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di Papua Tahun 2021, dilepas  Bupati Tanah Laut HM Sukamta dan Ketua KONI Tanah Laut H Iriansyah. 

"14 atlet tersebut merupakan gabungan dari delapan atlet PON dari cabang olahraga  balap motor dua orang,  kempo satu orang, pencak silat dua orang, renang satu orang, basket satu orang serta satu orang pelatih tinju,"ujar Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut Rudi Imtihansyah, Jumat (17/9).

Menurut dia, untuk Peparnas 2021 sebanyak enam atlet penyandang disabilitas asal Tanah Laut mengikuti di cabang olahraga judo sebanyak dua orang,  angkat berat dua orang,  catur satu orang, atletik dua orang.

Rudi Imtihansyah menyampaikan, ada beberapa cabang olahraga menjadi unggulan yaitu, balap motor,  kempo dan pencak silat.

"Kita tidak menapikkan juga pada cabang olahraga  lainnya, ini terlihat dari kejuaraan nasional (Kejurnas) serta event-event tingkat nasional lainnya pada ketiga cabang olahraga tersebut," ujar Rudi

Rudi berharap,  selain olahraga bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran,  olahraga juga untuk membangun mental dan mengukir prestasi.

"Saya berharap dengan adanya PON atau Peparnas ini mampu memotivasi adik-adik, anak-anak kita agar gemar berolahraga," harap Rudy.

Pelepasan keberangkatan para atlet Tanah Laut, papar dia,  hingga 5 Oktober 2021 karena menggunakan sistem termin. 

"Hal ini disebabkan karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih dirasakan ,"tandasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021