Kementerian Perhubungan bakal menambah tiga koridor untuk "Bus Rapid Transit" (BRT) untuk lintasan wilayah Banjar Bakula yang mencakup Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel Rusdiansyah di Banjarmasin Jumat mengatakan, pemerintah pusat melalui Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Kalimantan, telah mengoperasikan 11 Bus Rapid Transit (BRT) dalam satu koridor dengan rute Banjarmasin- Banjarbaru.

Pada 2021 ini, kata Rusdiansyah, Kementerian Perhubungan kembali menambah tiga koridor, sehingga totalnya menjadi empat koridor.

Penambahan tersebut, akan membuat jalur BRT yang sebelumnya hanya untuk Banjarmasin Banjarbaru, akan bisa dilintasi hingga seluruh daerah Banjar Bakula.

"Pengoperasian BRT tersebut, wujud dari komitmen pemerintah dalam mewujudkan sistem transportasi yang baik untuk masyarakat," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, tambah dia, berkomitmen terus meningkatkan pelayanan publik untuk penyediaan transportasi massal yang baik bagi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Rusdiansyah pada peringatan Hari Perhubungan Nasional yang digelar di areal Terminal Gambut Barakat km 17 Kabupaten Banjar.

Sebagaimana diketahui, BRT Banjar Bakula masih melayani rute Banjarmasin, Banjarbaru .

Padahal Banjar Bakula sebagai wilayah kota metropolitan di Kalsel meliputi lima kabupaten/kota, yakni, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

"Kedepannya akan mencakup lima daerah itu, ini terus diperbaiki," kata Rusdiansyah.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021