Camat Daha Utara, Syamsuri, menyampaikan jumlah Kepala Desa (Kades) yang dilepas sebab memasuki purna tugas sebanyak sembilan orang, beserta Ketua TP PKK desa masing-masing.

Ia mengatakan, para kades yang akan dilepas telah mengakhiri masa jabatannya per 26 Agustus 2021, dan secara secara pribadi dan pemerintah kecamatan, mengucapkan terima kasih kepada para kades.

"Mereka selama ini telah membantu dalam suksesnya pembangunan, khususnya juga dalam penanganan COVID-19 di Kecamatan Daha Utara," katanya, di aula kantor kecamatan setempat, Kamis (16/9).

Ucapan terima kasih  juga disampaikan Bupati HSS, H Achmad Fikry, kepada para kepala desa atas pengabdiannya mereka selama ini.

Sebagaimana di Kecamatan Daha Selatan sebelumnya, dikatakan bahwa acara ini hanyalah sebatas seremonial, berakhirnya hubungan dalam jabatan, bukan dalam urusan personal.

"Hari ini Kecamatan Daha Utara adalah kecamatan terakhir yang kami kunjungi langsung, untuk melepas para kades yang habis masa jabatannya," katanya.

Dijelaskan dia, sering mengatakan sebagaimana di kecamatan lainnya, walau hubungan sebagai bupati dan kades sudah berakhir, namun sebagai pribadi berharap silaturahmi ini tetap terus berjalan.

Apa pun sumbangsih pemikiran yang baik untuk kepentingan masyarakat umum, jangan sungkan-sungkan untuk menyampaikannya kepada pihaknya.

Ia juga tak lupa mengingatkan kepada para pejabat kades untuk meneruskan apa-apa yang sudah dibangun oleh kades sebelumnya.

"Pandai membagi waktu, bagi mereka yang berstatus sebagai PNS, antara dua tugas yang sama-sama penting," katanya.

ia juga mengingatkan informasi terbaru kondisi penanganan COVID-19 di HSS, karena patut bersyukur bahwa jumlah pasien yang dirawat kini tinggal 27 orang.

Salah satu tugas kades maupun penjabat yang aktif saat ini, adalah mensosialisasikan dan memastikan kesediaan masyarakat untuk segera divaksin.

Dalam waktu dekat, HSS akan kembali mengadakan vaksinasi massal, dan mendapatkan kuota 50.000 vaksin, yang 34.000 kita peruntukkan buat masyarakat umum, sementara sisanya untuk para pelajar.

"Ini adalah sebagai salah satu upaya kita dalam memerangi penyebaran COVID-19 di Kabupaten HSS," katanya.

Dalam kegiatan ini, selain menyerahkan piagam penghargaan kepada para kades dan ketua PKK desa, bupati juga sempat terharu saat diselipkan penyerahan bingkisan kepada salah seorang ASN purna tugas.

ASN tersebut bertugas di Kecamatan Daha Utara, yakni H. Masdiannor yang memasuki masa pensiun, karena dirinya sudah mengenal yang bersangkutan ketika dulu saat menjabat sebagai Camat Daha Utara.

Baca juga: Lima kades beserta ketua TP PKK desa di Daha Barat purna bakti

Baca juga: Anugerah Kemenkeu RI untuk HSS WTP lima kali berturut-turut

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021