Tanjung, (Antaranews Kalsel ) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani mengajukan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015 pada rapat paripurna dewan.


Dalam penjelasannya, Anang di Tanjung, Senin mengatakan, perubahan anggaran perlu dilakukan dalam rangka penyesuaian kondisi keuangan daerah, dinamika di masyarakat sesuai kebutuhan yang mendesak berdasarkan kebijakan strategis dan prioritas.

"Perubahan APBD 2015 kita lakukan selain untuk menyesuaian alokasi dana dari pemerintah provinsi maupun pusat juga terkait kebutuhan mendesak berdasarkan kebijakan strategis dan prioritas," katanya.

Dalam rancangan APBD Perubahan 2015, Anang menjelaskan, adanya kenaikan pendapatan daerah sebesar Rp206,5 miliar dari Rp1,1 triliun menjadi Rp1,3 triliun.

Termasuk belanja daerah naik dari Rp1,2 triliun menjadi Rp1,5 trilin atau mengalami penambahan sebesar Rp224,3 miliar.

Sedangkan dalam rancangan APBD Perubahan 2015 defisit selisih lebih belanja daerah dan pendapatan mencapai Rp147,7 miliar naik Rp17,8 miliar dibandingkan APBD induk 2015.

"Beberapa kegiatan yang mendapatkan porsi dalam perubahan anggaran disesuaikan dengan RPJMD dan kebutuhan sejumlah SKPD," jelas Anang lagi.

Kegiatan yang masuk dalam perubahan anggaran diantaranya program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) Bersinar lanjutan, peningkatan dana infrastruktur untuk wilayah Selatan dan Utara Tabalong serta kelanjutan pembangunan RSUD H Badaruddin Tanjung.

  Pemerintah daerah juga akan mengalokasikan dana pada APBD Perubahan untuk bantuan permodalan bagi koperasi karet di "Bumi Saraba Kawa" ini.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015