Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan batuan berupa peralatan sistem keamanan keliling (Siskamling) kepada warga Desa Bersujud Rt 08, Desa Antasari Rt 06, Desa Sejahtera Rt 05 di kabupaten setempat.

"Sebenarnya acara yang utama yaitu pengamanan keliling sekaligus bakti sosial memperingati HUT Bhayangkara ke 69, namun dalam acara itu kami selipkan untuk memberikan bantuan peralatan Siskamling," Kata kapolsek Simpang Empat AKP Victor Berliyanto di Batulicin, Selasa.

Penyerahan bantuan itu dilakukan pada Senin (29/6) malam sekitar pukul 22.30 Wita, bantuan itu untuk meningkatkan keamanan di desa setempat.

Untuk bantuan Siskamling yang diserahkan itu di antaranya berupa empat tongkat polisi dan satu unit senter malam, dua unit borgol yang diperuntukan bagi petugas jaga malam.

Selanjutnya, peralatan tongkat polisi, senter malam, serta borgol itu dijadikan alat Siskamling inventaris yang diberikan kepada Pos Ronda Desa Bersujud Rt 08, Desa Antasari Rt 06, Desa Sejahtera Rt 05 dan diterima oleh Ketua Rt desa masing-masing desa.

"Saya titip pesan kepada Ketua Rt yang menerima bantuan itu agar alat Siskamling yang kami berikan itu harus digunakan sebagaimana mestinya," tutur pria yang pernah menjabat sebagai Kanit I Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin itu.

Peralatan Siskamling yang diberikan kepada pos ronda itu bertujuan agar warga yang terkena giliran jaga memakai alat tersebut dalam berpatroli kampung dan tidak membawa senjata tajam karena berbahaya apalagi tidak mengantongi izin.

Kapolsek menambahkan, dalam acara pengamanan keliling dan bakti sosial itu polisi memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengamanan swakarsa di desa masing masing.

"Kami meminta kepada masyarakat agar terus melakukan koordinasi dengan semua pihak apabila ada hal yang mencurigakan di desanya masing-masing dan jangan bertindak sendiri atau main hakim," imbau kapolsek yang akrab dengan awak media itu.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015