Pemerintah Kota Banjarbaru mulai melaksanakan vaksinasi khusus bagi kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk mewujudkan kekebalan komunitas (herd immunity) mencegah penularan COVID-19. 

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin didampingi Wakil Wali Kota Wartono bersama unsur Forkopimda meninjau langsung vaksinasi bagi pelajar SMP yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Banjarbaru, Senin.

"Vaksinasi bagi kalangan pelajar ini bekerja sama dengan HIPMI dengan sasaran pelajar berusia 12-18 tahun yang keseluruhannya sebanyak 11 ribu orang dan pelajar sudah divaksinasi sebanyak 6 ribu orang," ujarnya. 

Disebutkan, jumlah dosis vaksin yang disiapkan sebanyak 4.000 suntikan dan hari pertama vaksinasi diberikan kepada pelajar empat sekolah yakni SMPN 5, SMP Qardhan Hasanah, SMP Sanjaya dan SMP IT Robbani.

Menurut wali kota, selain anak-anak khususnya pelajar SMP, vaksinasi juga diberikan kepada guru dan petugas di sekolah sehingga bisa memenuhi syarat kekebalan kelompok yang dinilai efektif mencegah COVID-19. 

"Harapan kami, melalui vaksinasi bagi pelajar terwujud kekebalan kelompok sehingga bisa melaksanakan proses pembelajaran tatap muka yang sudah sangat lama tidak bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah," ucapnya. 

Dikatakan, pihaknya juga mendorong pelaksanaan vaksinasi door to door dengan mendatangi masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah untuk mempercepat vaksinasi bagi seluruh masyarakat. 

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat HIPMI Pusat Mardani H Maming mengatakan, vaksinasi bagi kalangan pelajar bukan hanya dilaksanakan di Banjarbaru tetapi juga di berbagai daerah lainnya di Kalsel.

"Kami menyediakan vaksinasi untuk 40 ribu pelajar di Kalsel yang akan mendapat vaksinasi di daerah lain seperti Banjarmasin, Kotabaru dan Tanah Bumbu. Tujuannya terwujud herd immunity pelajar," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021