Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry, melepas keberangkatan tim rescue gabungan Kerukunan BPK setempat yang kembali berangkat ke Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk aksi peduli kemanusian musibah banjir dengan mengirimkan bantuan dan relawan.

Ia mengatakan, bersyukur hari ini melepas keberangkatan tim rescue untuk bantuan kemanusiaan yang terdampak di Kalteng, mungkin sudah kesekian kalinya, yang pertama itu mengirim alat berupa perahu karet dan juga bantuan.

"Bantuan ini hasil sumbangan dan kumpulan masyarakat serta OPD HSS, berupa barang yang dikirimkan serta sudah dikonfirmasi kebutuhan mereka apa, Insya Allah barang yang dikirim langsung ini bisa dimanfaatkan masyarakat di sana," katanya, Senin (13/9).

Dijelaskan dia, ini adalah bentuk solidaritas untuk sesama warga Indonesia apalagi warga Kalimantan, yaitu Kalteng, pihaknya berharap dan berdoa agar banjir yang menimpa di Kalteng segera surut, dan warga bisa kembali beraktifitas seperti biasa.

Penggalangan dana sangat luar biasa, setiap pagi, siang dan sore anak-anak di perempatan jalan, sekecil apa pun bantuan sangat meringankan beban mereka.

Dan pada saat awal pihaknya juga meminta kepada Kerukunan BPK untuk dikonfirmasi dulu ke sana, kira-kira mereka butuh apa, pihaknya tidak ingin bantuan tidak bermanfaat di sana.

"Alhamdulillah sudah dikonfirmasi, semua barang bisa kita kirimkan," katanya, dalam keterangan usai pelepasan, di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS
.
Ditambahkan dia, ini adalah bentuk rasa persaudaran yang kuat dengan kawan-kawan di Kalteng, jangan dilihat dari jumlahnya tetapi semangatnya adalah semangat untuk bisa merasakan apa yang dirasakan warga yang tertimpa musibah banjir di sana.

Aksi peduli ini langsung dilepas Bupati HSS dengan mengibarkan bendera start melepas rombongan aksi peduli korban banjir HSS yang diprakarsai Tim Rescue Gabungan Kerukunan BPK HSS.

Turut hadir, staf ahli, asisten, kabag, Ketua Kerukunan BPK HSS Haji Muhammad Zikri, Kepala Pelaksana BPBD HSS, Satpol PP dan Damkar HSS, tim rescue dan relawan.

Baca juga: HAF dan HMZ bersaudara turun langsung penggalangan dana banjir Katingan

Baca juga: Sebanyak 10.409 warga Pulau Malan Katingan terdampak banjir
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021