Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Transmigrasi dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Transnaker) Kabupaten Balangan melaksanakan Rapat Koordinasi perencanaan dan penempatan tenaga kerja lulusan lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kepala Bidang (Kabid) DPMPTSP Transnaker Balangan, Slametno, di Lampihong, mengatakan rakor ini untuk dengan tujuan melakukan pengumpulan data tracking alumni untuk memudahkan pemetaan alumni yang siap di dunia kerja.

"Menjembati apabila ada perusahaan yang membutuhkan para alumni dari lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi yang ada di Balangan, seperti dari STKOM Sapta Computer, SMK, SKB, BLK dan LPK," katanya, dalam keterangan, beberapa waktu lalu.
 
Rakor perencanaan dan penempatan tenaga kerja lulusan
lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Dijelaskan dia, strategi dirumuskan tentunya dalam upaya mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati serta adanya isu di masyarakat, bersinergi dengan lembaga pendidikan dan beroperasi di Balangan, mengingat keterbatasan APBD, jenis pelatihan dan instruktur di BLK.

Inventarisasi alumni dan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) sebagai dasar perluasan kesempatan kerja, sinergi juga dijalin dengan DUDIKA dalam menginvetarisasi jenis pekerjaan, standar kompetensi yang yang dibutuhkan mereka.

Sinergi dan kolaborasi dilakukan pula dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) dan Lembaga Sertifikasi Person serta membentuk pusat uji kompetensi dengan tujuan menjamin kompetensi calon tenaga kerja sesuai standar perusahaan.
 
Rakor perencanaan dan penempatan tenaga kerja lulusan
lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Adapun untuk peserta rakor  berasal dari 20 lembaga pendidikan dan pelatihan vokasi, yakni STKOM Sapta Computer, SMKN 1 Batumandi, SMKN 1 Paringin, SMKPP Paringin, Balai Latihan Kerja (BLK), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Kemudian, LPK Kharisma, LPK Unikom Institute, LPK Mapanjar, LPK Mediapro, LPK Gading Jaya, LPK Mutiara Hati, LPK Mutiara Bunda, LPK Iqro, LPK BEC, LPK Harapan Banua, LPK Aneka Modeste, LPK Asy Syura, LPK Gundul Berjaya dan LPK Penjahit Alya.

Rakor dilaksanakan di Aula DPMPTSP Transnaker Balangan, di Jalan Poros Mampari Lampihong dan dibuka Kepala DPMPTSP Transnaker, dan banyak masukan, saran dan pertanyaan disampaikan peserta rakor dalam kegiatan ini.

Baca juga: 32 peserta ikuti pengimbasan PPKSDM LKP berstandar industri STKOM SC

Baca juga: STKOM SC miliki pusat uji kompetensi terlengkap di Kalsel

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021