STKOM Sapta Computer saat ini menjadi pusat uji kompetensi terlengkap di Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel) dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), setelah terbitnya Surat Keputusan (SK) penetapan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Direktur STKOM Sapta Computer, Slametno, Paringin, Selasa (18/5), mengatakan telah menerima SK penetapan sebagai TUK dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), di bawah Naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

"Sebelumnya STKOM Sapta Computer sudah menjadi TUK Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komunikasi Siaran Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Komputer, di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang teregister dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)," katanya.

Baca juga: Hadapi era revolusi industri 4.0, YSBP kembangkan "Blended Learning"

Selain itu, juga telah menjadi TUK  Lembaga Sertifikasi Person (LS – Person) Quantum HRM International, di bawah naungan Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang telah terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Pihaknya bersyukur dengan diterimanya SK ini, dengan harapan calon tenaga kerja yang ada Kabupaten Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin dan Tanah laut, akan lebih mudah dan dekat untuk mendapatkan pengakuan kompetensinya melalui uji kompetensi yang disediakan.

Kehadiran TUK TIK akan memudahkan bagi Industri, Dunia Usaha dan Wirausaha (IDUKA) dalam merekrut tenaga kerja yang dibutuhkan, miliki keahlian yang mempunyai mumpuni dan bersertifikat kompetensi.

Baca juga: STKOM sertifikasi mahasiswa dan alumni perguruan tinggi

"Alhamdulillah, lembaga pendidikan kami yang berpusat di Balangan dan memiliki cabang di Tabalong, HST, HSS, Tapin dan Tanah laut telah resmi menjadi TUK LSK TIK, semoga bermanfaat bagi yang ingin menyelenggarakan UJK Mandiri maupun UJK PKK bidang Komputer," katanya.

Untuk program kerja STKOM Sapta Computer ke depan akan menggandeng PTS dan PTN dalam mensertifikasi mahasiswanya, sebagai salah satu pendamping ijazah akademiknya.

Adapun penetapan dari LSK TIK bernomor surat SK.0217/TUKTIK/III/2021, tentang penetapan STKOM Sapta Computer sebagai TUK TIK, menjadikan lembaga pendidikan tersebut memiliki pusat uji kompetensi terlengkap di Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021