Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan luncurkan program mobil Siap Antar Keluarga Napi (SIKAPI) yang bertujuan untuk mengantar jemput keluarga napi yang ingin menjenguk keluarganya di lembaga permasyarakatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Balangan La Kanna, mengatakan inovasi mobil SIKAPI sendiri, pertama kali ada di Indonesia,  bertujuan untuk mempermudah keluarga napi saat ingin menjenguk keluarganya di lembaga permasyarakatan. Karena semua napi yang berasal dari Balangan, ditahan di Lapas kabupaten tetangga yaitu di Kabupaten HSU.

"Inovasi ini kami buat untuk membantu keluarga napi yang tidak bisa menjenguk keluarganya dikarenakan masalah biaya, apalagi yang dalam kondisi susah saat ini. Dan program ini sendiri gratis tidak dipungut biaya apapun, bahkan nantinya makan minum di perjalanan akan ditanggung oleh kami," kata La Kanna di Paringin, Jum'at.

Dia melanjutkan, adapun syarat yang harus dilakukan oleh keluarga napi adalah harus memiliki sertifikat vaksin terlebih dahulu minimal dosis pertama.

Kenapa syaratnya harus sudah vaksin, jelasnya, karena di samping mendukung program pemerintah, juga mengantisipasi keluarga napi ini dapat menularkan COVID-19 kepada karyawan Kejari yang bertugas mengantarkan keluarga napi tersebut.

Selain itu, menurutnya, program tersebut merupakan mungkin satu-satunya di Indonesia, karena hanya di Kabupaten Balangan saja yang menjalankan program tersebut.
 
(Antaranews Kalsel/Ragil Darmawan)

"Kami berharap program ini dapat menjadi pilot project oleh Kejari lain yang ada di seluruh Indonesia," harapnya.

Sementara untuk pengoperasian mobil SIKAPI sendiri, bebernya, rencana akan berjalan secepatnya sembari menunggu jadwal dari Lapas yang telah ditentukan. Untuk jadwal keberangkatan sendiri minimal dalam satu minggu sekali yaitu pada hari Kamis atau Jum'at.

"Kami mengimbau kepada seluruh keluarga napi yang ingin menjenguk keluarganya, silahkan langsung datang ke Kejari Balangan untuk langsung melapor kalau ingin mengunjungi keluarganya di lembaga permasyarakatan. Tetapi dengan syarat sudah vaksin," pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021