Bupati Tapin HM Arifin Arpan di Rantau, Rabu, meresmikan gedung perpustakaan tiga lantai miliki 19 ribu buah buku, menyusul itu dia mengharapkan budaya literasi masyarakat dapat meningkat.

"Hadirnya perpustakaan ini semoga mampu meningkatkan literasi di Tapin. Tidak hanya mempunyai kemampuan membaca, anak anak kita atau umumnya masyarakat kita ke depan dapat memiliki kemampuan menyimak, berbicara dan menulis," ujarnya. 

Lewat membaca selain mendapatkan pengetahuan, diharapkan juga dapat mengantar masyarakat memiliki keterampilan dari buku yang dibaca di dalam perpustakaan itu. 

"Membaca itu wajib lah, untuk melek ilmu pengetahuan," ujarnya. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tapin  Zainal Abidin mengatakan untuk jam operasionalnya dibuka dari pukul 08.00 - 16.30 WITA dengan catatan pengunjung mematuhi protokol kesehatan. 

"Siapapun boleh masuk tanda ada persyaratan," ujarnya. 
 
Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama Sekda, Ketua TP PKK dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (ANTARA / HO Humas Pemda Tapin )

Dikatakannya, pengunjung nantinya diberikan kartu anggota perpustakaan, dengan syarat membawa identitas maka boleh untuk untuk sekedar meminjam buku. 

"Ada 19 ribu buku, setiap tahun kita tambah," ujarnya. 

Lokasi perpustakaan itu terletak diwilayah strategis, tepatnya di kawasan Ruang Terbuka Hijau Rantau Baru, di Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara. 

Baca juga: Tapin Akan Miliki Perpustakaan Berstandar Nasional

Baca juga: Tapin mulai bangun perpustakaan baru dengan konsep ramah lingkungan

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021