Kabupaten Tapin akan memeliki perpustakaan bertarap nasional yang akan mulai dilaksanakan pembangunannya pada tahun 2020 nanti.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan setelah melalui waktu yang lumayan lama, akhirnya Tapin akan memilik perpustakaan dengan taraf nasional.

"Setelah kita bersama tim melakukan ekspose ke Kementerian Perpustakaan, akhirnya pada 2020 nanti perpustakaan berstandar nasional akan dibangun di Bumi Ruhuy Rahayu," ujarnya.

Dijelaskan Bupati, pembangunan perpustakaan yang rencananya memiliki tiga lantai tersebut akan mengahibiskan dana sekitar Rp10 miliyar.

"Selain sebagai tembat literasi, nanti juga akan tersedia berbagai fasilitas, seperti tempat bermain, dan tempat belanja modern," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Tapin, Zainal Abidin mengatakan bahwa fasilitas perpustakaan ini nantinya akan berstandar nasional, mulai dari ruang baca anak, ruang baca remaja dan ruang baca dewasa serta ada ruang untuk multimedia.

"Lalu ada auditirium yang khusus pertemuan untuk pustakawan dalam membedah buku," tambahnya.

Untuk lokasi sendiri, Pemkab Tapin menyiapkan lokasi di kawasan Rantau Baru, karena berada di tengah kota, dan tentunya mudah di jangkau oleh masyarakat.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019