Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad menghadiri pelepasan dua Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Padang Batung yang telah purna tugas.

Camat Padang Batung, Heri Utomo, di Padang Batung, Selasa (7/9), mengatakan pelepasan dilaksanakan di aula kecamatan sesuai penerapan protokol kesehatan dan secara sederhana, dengan hanya mengundang para kepala desa di wilayah Kecamatan Padang Batung.

"Sebenarnya ada tiga kades yang habis masa bakti, yaitu Desa Mawangi, Pandulangan, dan Jambu Hulu. Tapi dikarenakan Kades Mawangi meninggal 5 April 2021 lalu, jadi 10 Mei 2021 ditunjuk hasil kesepakatan dengan desa yaitu ASN dari Kecamatan Padang Batung," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, untuk mengisi kekosongan desa, telah dilaksanakan musyawarah desa dengan melibatkan tokoh masyarakat, BPD, dan para perangkat desa.

Dari hasil musyawarah desa, kesimpulannya mereka menyerahkan untuk ditentukan dari ASN yang ada di lingkup Kecamatan Padang Batung.

Penjabat (Pj) kades akan menjabat sementara sampai terpilihnya kades baru definitif yang akan diselenggarakan secara serentak pada tahun 2022.

Dalam acara ini turut diserahkan piagam penghargaan kepada kades yang purna bakti, dan juga piagam penghargaan yang diserahkan Ketua TP. PKK HSS Hj. Isnaniah kepada ketua TP PKK Desa.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengucapkan terima kasih kepada kades yang purna bakti, yang telah bersama selama enam tahun membantu Pemerintah Kabupaten HSS.

Selain itu, ia juga berpesan kepada Pj kades, karena statusnya ASN, agar bisa membagi waktu antara waktu bekerja di kecamatan dengan desa.

"Kami juga mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas," katanya.

Adapun nama-nama kepala desa purna bakti dan pj, Desa Mawangi kades purna bakti almarhum Djaun Umar diisi pj  Ahmad Busairi, Desa Pandulangan, kades purna bakti Suriani, Ketua TP PKK  Ny. Suni'ah, Pj kades, Budi Irawan.

Selanjutnya, Desa Jambu Hulu, kades purna bakti Abdul Muin beserta ketua TP PKK desa Ny. Murliani dan diisi pj dari ASN Kecamatan Padang Batung, Samideri.

Turut hadir, Wakil Ketua I TP PKK HSS, Sri Astutie Syamsuri Arsyad, Sekda HSS , H. Muhammad Noor, Kepala Dinas PMD, Kabag Prokopim, dan Ketua TP. PKK Kecamatan.

Baca juga: Bupati HSS lepas enam kades purna tugas di Angkinang

Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan tim assessment sekolah Kemendikbud RI

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021