Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, melalui Bulog Divre Barabai setempat, membagikan beras untuk warga miskin (raskin) secara gratis kepada warga sangat miskin di daerah tersebut.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Yuhani di Tanjung, Jumat, mengatakan program beras gratis telah diresmikan bersamaan dengan peluncuran Gerbang Emas oleh Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan.

"Tahap pertama program beras gratis yang kami realisasikan melalui Bulog sebanyak 45 kilogram per Rumah Tangga Penerima Manfaat, untuk jatah bulan Januari sampai Maret 2015," jelas Yuhani.

Dengan alokasi beras yang cukup banyak bagi warga sangat miskin Yuhani mengungkapkan kemungkinan ada yang menjual beras tersebut agar uangnya bisa dibelikan kebutuhan lain.

"Yang pasti dengan program beras gratis ini pemerintah daerah bisa meringankan beban warga dengan kategori sangat miskin dalam pemenuhan kebutuhan pokoknya khususnya saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini," ujaranya.

Untuk melaksanakan program beras gratis, Pemkab Tabalong mengalokasikan dana sebesar Rp4,7 miliar pada APBD II 2015, sedangkan beras yang disiapkan oleh Bulog mencapai 589.860 kilogram untuk 3.277 RTS PM di "Bumi Saraba Kawa" ini.

Tahun ini penerima program beras gratis sebanyak 3.277 Kepala Keluarga (KK) tersebar di 12 kecamatan sedangkan untuk rumah tangga kategori miskin tetap mendapatkan beras miskin (Raskin) dari pemerintah daerah.*

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015