Barabai,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan bertekad mencontoh keindahan tata kota Bandung antara lain dengan melakukan aksi penanaman pohon dan bunga di daerah perkotaan.


Kepala BPLH HST Akhmad Tamzil di Barabai Kamis mengatakan, penanaman pohon tersebut, sebagian upaya untuk motivasi dan semangat mengembalikan sebutan HST sebagai Bandung Van Borneo, bahkan menjadi Paris Van Borneo.

Menurut Akhmad, penanaman pohon yang dilakukan Pemerintah Daerah HST melalui Badan Pengelola Lingkungan Hidup tersebut juga sebagai upaya memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2015 yang dilaksanakan di terminal pedesaan Pasar Keramat Barabai.

Acara dimulai dengan penanaman pohon di area pasar keramat Barabai, oleh Bupati HST H Harun Nurasid, dilanjutkan oleh Ketua TP PKK HST Hj Tintainah Harun Nurasid, Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Krido Pramono, Sekda HST HA Agung Parnowo dan SKPD lainnya.

Peringatan kali ini, kata dia, mengusung tema `Mimpi dan Aksi Bersama Untuk Keberlanjutan Bumi, yang bertujuan untuk menegaskan komitmen dan aksi perlindungan lingkungan hidup semua negara di dunia.

"Seperti yang kita ketahui, HST telah mendapatkan dua kali piala Adipura. Kami berharap tahun ini, kita bisa kembali meraih piala tersebut, bahkan piala adipura kencana," katanya.

Tamzil juga mengatakan, keberhasilan untuk mewujudkan kota Barabai menjadi kota yang bersih dan indah, tidak luput dari peran semua pihak.

Terutama dalam penataan kota dan pasar, semuanya bukan hanya tugas dari pasukan kuning tetapi tanggung jawab bersama.

Bupati HST H Harun Nurasid, juga menyampaikan, rasa bangga atas kerja keras dari pasukan kuning dan seluruh masyarakat dalam menjaga kebersihan kota Barabai.

"Jadikan momentum ini untuk menyatukan tekad, bersinergi dan berkomitmen untuk menjaga dan mencintai lingkungan," harapnya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut juga ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para pelopor kebersihan Kota Barabai oleh Bupati HST Harun Nurasid.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015