Lima pemuda Tanah Laut, Kalimantan Selatan  mengukir prestasi pada ajang pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2021 meraih kategori juara di setiap bidang perlombaan. 

"Prestasi diraih itu diantaranya, juara pertama Bidang Pendidikan oleh Muhammad Khofi,  juara pertama Bidang Inovasi Teknologi oleh Khairul Abdul Umar, juara kedua Bidang Agama, Sosial dan Budaya oleh Rohayat, juara ketiga Bidang Pengelolaan SDA, Lingkungan dan Pariwisata oleh Hayatullah Kumaini, dan juara ketiga Bidang Pangan oleh Eka Dewi Kharisma,"ujar Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tanah Laut Nelly Ariani, Rabu (1/9).

Menurut dia, prestasi tersebut menunjukan kemajuan, karena tahun lalu Tanah Laut hanya mengirim dua bidang ke tingkat provinsi. Alhamdulillah tahun ini kelima bidang kita ikuti dan dua bidang lolos menjadi juara pertama.

Nelly Ariani mengungkapkan, kemajuan itu dipengaruhi antusiasme para pemuda yang semakin meningkat untuk berpartisipasi memberikan solusi nyata di lingkungan sekitar.

"Ini menjadi indikator pemuda kita di Tanah Laut sudah mulai mengembangkan diri, sudah mulai meningkatan peran sertanya di masyarakat dan pemerintah,"terangnya.

Tidak hanya atas usaha persorangan, jelas dia,  Dispora Tanah Laut  juga terus berupaya mendampingi pemuda untuk terus berkembang. 

Pendampingan itu, ungkap wanita ramah ini, sudah dimulai sejak adanya seleksi di tingkat Kabupaten Tanah Laut. 

"Penilaian diukur dari integritas, loyalitas, kapabilitas dan kesukarelawanannya. Dampak yang diberikan juga akan dinilai sesuai bidangnya masing-masing, seperti ekonomi, penggalangan partisipasi atau berdampak pada perubahan positif,"paparnya.

Nelly Ariani berharap,  para pemuda di Tanah Laut bisa mencontoh semangat pemuda yang berprestasi dan terus mendukung gerakan-gerakan positif para pemuda di Tanah Laut.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, untuk seleksi tingkat nasional akan berlangsung sejak awal September 2021 dan diumumkan menjelang peringatan Hari Pemuda di bulan Oktober 2021. 

Nelly Ariani juga berharap,  juara tingkat nasional bisa diraih dari perwakilan pemuda asal Tanah Laut.

"Mohon doanya warga Tanah Laut, agar kita mendapatkan peringkat tertinggi di tingkat nasional,"tutupnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021