Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru, Kalimantan Selatan, menanam 1.000 bibit mangrove (Rhizophora Mangle) di bibir pantai Desa Sungai Lembu, Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko, di Kotabaru, Selasa mengatakan, untuk memperbaiki bibir pantai yang mulai rusak, Lanal Kotabaru menyiapkan bibit mangrove sebanyak 10.000 batang.

"Penanaman mangrove tersebut hasil kerja sama dengan TNI, Polri, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, pelajar, mahasiswa, Karang Taruna, masyarakat nelayan setempat," terangnya.

Bagus mengungkapkan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan TNI Angkatan Laut dalam bakti sosial yang digelar di Kabupaten Tanah Bumbu dan sekitarnya.

Di antaranya, menanam bibit mangrove di bibir pantai yang terkena abrasi, dengan menyediakan sekitar 10.000 batang bibit mangrove.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk keterlibatan TNI Angkatan Laut dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan melestarikan biota yang ada di sekitar mangrove.

Sementara itu, pembukaan Bhakti Sosial Lanal Kotabaru dengan inspektur upacara Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Bagus Handoko, dengan dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu Difriadi Drajat, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua Cabang 7 Korcab VI Jalasenastri Lanal Kotabaru Ida Rini Handoko.

Sebelumnya, Pemkab Tanah Bumbu juga melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 1.000 batang di sepanjang Pantai Angsana, sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan yang lebih baik, dan mendukung program pemerintah mengurangi dampak pemanasan global.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015