Antusias warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk mendapatkan vaksin jenis moderna tahap pertama begitu tinggi. Hal itu terlihat dari membludaknya ratusan antrian untuk mendapatkan yang saat itu Dinas Kesehatan membuka pendaftarannya untuk umum di Gedung Murakata Barabai, Senin (30/8).

Dari pantauan ANTARA di lapangan, petugas vaksinasi pun kewalahan melayani banyaknya warga walaupun memakai masker, namun tidak menjaga jarak.

Warga Barabai, Agus mengaku dari pukul setengah delapan pagi mengantri namun sampai jam setengah sebelas belum juga divaksin.

"Mudah-mudahan sempat kebagian," tukasnya.

Sebelumnya, warga yang ingin divaksin moderna harus terlebih dahulu mendaftar secara online melalui laman yang disediakan Dinas Kesehatan.

Namun karena antusias warga yang begitu tinggi mengakibatkan yang tidak mendaftar secara online pun juga datang demi mendapatkan vaksin.

Petugas vaksinasi dari Dinas Kesehatan menyebutkan, vaksin moderna yang disediakan hari ini untuk masyarakat sebanyak 130 vial. Satu vial untuk 10 orang. Jadi jatah vaksin untuk hari ini sebanyak 1.300 orang.

Petugas hanya bisa melayani yang sudah mendaftar secara online. Jika yang datang belum mendaftar secara online maka belum bisa divaksin, kecuali nantinya ada yang tidak datang bisa digantikan.

Baca juga: HST sudah zona orange, trend kesembuhan dari COVID-19 meningkat
Baca juga: Siap-siap, Satgas COVID-19 akan razia dan yustisi selama 14 hari di Kota Barabai
Baca juga: Warga HST jalani isoman terima sembako senilai Rp461 ribu

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021