Sebanyak 60 persen posisi jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Balangan didominasi oleh putra asli Balangan.

"Dalam pelantikan pertama yang kami laksanakan ini, kami memprioritaskan putra asli Balangan untuk menduduki jabatan kepala SKPD dengan tujuan tidak lain untuk melaksanakan amanah jabatan dan mendukung mensukseskan visi misi pembangunan kami," kata Bupati Balangan Abdul Hadi usai pelantikan di Paringin, Jumat.

Tentunya, keputusan tersebut pihaknya ambil untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Balangan yang mana dengan warga asli Balangan yang menjabat, diharapkan dapat berperan aktif dalam peningkatan ekonomi.

Selain itu, untuk semakin menumbuhkan perekonomian di Balangan, ia meminta kepada para pejabat yang tinggal di luar Balangan agar berdomisili di Balangan.

"Daerah kita ini sudah menginjak hampir 19 tahun dan punya APBD, akan tetapi karena sebagian pejabat masih belum berdomisili di Balangan, mengakibatkan ekonomi masyarakat pertumbuhannya masih rendah," bebernya.

Maka dari itu, ia meminta kepada para pejabat yang tinggal di luar Balangan agar sesegera mungkin untuk berdomisili di Balangan, agar para pejabat tersebut menggunakan uangnya untuk berbelanja di Balangan.

Ia mengungkapkan, proses penyusunan pejabat struktural ini berjalan selama berbulan-bulan, karena perlu ketelitian dalam menempatkan pejabat sesuai dengan jabatannya.

Maka dari itu, dalam penyusunan ini, ia juga melibatkan wakil bupati serta tim yang bertugas.

Diketahui, sebanyak 536 pejabat yang dilantik di antaranya 22 pejabat eselon dua, 129 pejabat eselon tiga, 371 pejabat eselon empat, pengangkatan dua kepala Puskesmas dan satu kepala RSUD.

Selain itu, ada juga yang mengalami pemindahan jabatan dari struktural ke jabatan fungsional tertentu sebanyak 12 orang.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021