Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Siswa SMPN 1 Kotabaru Kabupaten Kotabaru Riska Nor Madinah meraih peringkat tertinggi hasil ujian nasional tahun ajaran 2015 se-Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru Joni Anwar didampingi Kabid SMP Edi Cahyono, di Kotabaru, Jumat mengatakan, Riska Nor Madaniah memperoleh nilai 382,5 peringkat 1 di Kalsel.

Peringkat 1, 2 dan 3 pada ujian nasional diraih oleh tiga murid dari Mts Darul Ulum , masing-masing Wahyudi dengan nilai total 375,0, Arbi Wiranto nilai total 374,5 dan Septian Dwi Ariandi nilainya berjumlah 372,5.

Sedangkan untuk tingkat Kabupaten Kotabaru jenjang SMP peringkat 1, 2, dan 3 diraih siswa SMPN 1 Kotabaru atas nama Riska Normadaniah dengan nilai 382,5, Septiadi Yusuf Sulaiman dengan nilai 370,5 dan Farraz Reannisa nilai total 370,0.

Kepala Sekolah Mts Darul Ulum Kotabaru Midhan menuturkan, untuk memacu anak didiknya sukses mengikuti ujian nasional, beberapa bulan sebelum pelaksanaan UN pihaknya menyiapkan buku panduan UN berjudul detik-detik UN.

"Beberapa bulan sebelum pelaksanaan UN, kami bersama siswa-siswi kelas III yang mau UN membeli buku panduan itu secara swadaya," katanya.

Langkah tersebut sebagai salah satu cara untuk memacu anak didiknya lebih okus dalam menjawab soal-soal UN, dengan harapan nilainya lebih baik dari pendahulunya.

Menurut Midhan, tidak ada hal yang khusus agar bisa mendapatkan nilai UN tertinggi, tetapi beberapa tahun terakhir pihak sekolah melakukan pembenahan-pembenahan dan peningkatan mutu pendidikan.

"Setahun terakhir kami mulai membuka kelas unggulan, meski ada pihak-pihak lain yang meremehkan usaha kami itu. Alhamdulillah hasilnya mulai terlihat dan mudah-mudahan kelas unggulan nanti hasilnya juga maksimal," paparnya.

Hingga saat ini Mts Darul Ulum memiliki murid sebanyak 393 orang, kelas III yang sudah mengikuti UN tercatat 124 siswa.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015