Polda Kalimantan Selatan menyiagakan tim respon tanggap bencana dari personel Direktorat Samapta yang siap menanggulangi segala ancaman dari bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi.

"Jika ada bencana seperti banjir dan longsor misalnya, tim respon langsung turun sebagai bentuk kesiapsiagaan," terang Direktur Samapta Polda Kalsel Kombes Pol Pepen Supena Wijaya di Banjarmasin, Senin.

Anggota yang terpilih pun telah dibekali kemampuan dalam menanggulangi segala ancaman bencana alam.

Latihan rutin digelar sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan personel agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan sesuai standar operasional prosedur pencarian dan penyelamatan.

Diantaranya pengetahuan teori dan praktik cara penggunaan tali jiwa yang benar serta alat selam dan melibatkan mobil khusus untuk menanggulangi bencana.

"Kami telah menyiapkan personel yang sigap jika terjadi bencana termasuk penggunaan semua sarana prasarana pendukungnya," jelas Pepen.

   
Direktorat Samapta Polda Kalsel menggelar latihan SAR dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. (ANTARA/Firman)


Diakui dia pula, saat ini kondisi cuaca cukup rawan memicu terjadinya bencana alam. Salah satunya yang kerap terjadi akhir-akhir ini angin puting beliung dan juga banjir.

Untuk itulah, Pepen mengingatkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya terutama di daerah rawan bencana jika tengah terjadi hujan deras dan angin kencang.

 

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021