Indeks FTSE 100 di bursa saham London naik pada Senin setelah mencatat minggu terburuk sejak Februari, karena saham raksasa energi dan pertambangan melonjak karena harga komoditas yang lebih tinggi, dengan investor menunggu angka-angka penting PMI untuk menilai laju pertumbuhan ekonomi.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,7 persen dengan BP, Royal Dutch Shell, Glencore dan Anglo American di antara yang naik tertinggi.

Indeks saham kapitalisasi menengah (mid-cap) FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri naik 0,5 persen dengan saham perjalanan dan liburan memimpin kenaikan.

Risiko dari meningkatnya infeksi virus corona dan kekhawatiran ekonomi yang melambat telah membebani FTSE 100, yang telah berkinerja buruk secara agregat di Eropa yang lebih luas sejak awal tahun ini.

Baca juga: Saham Inggris merosot

Di antara saham, kelompok supermarket Inggris Sainsbury's melonjak 5,3 persen ke puncak FTSE 100 di tengah laporan bahwa sebuah perusahaan ekuitas swasta sedang berupaya menawar perusahan itu lebih dari 7 miliar pound (9,53 miliar dolar AS).

Maskapai penerbangan Inggris easyJet naik 1,6 persen setelah menunjuk mantan CEO RBS Stephen Hester sebagai pimpinan perusahaan.

Baca juga: Saham Inggris turun 0,05 persen

Pewarta: Biqwanto Situmorang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021