Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Fahruddin mengatakan kesiapan mewujudkan program hijau dan bersih (green and clean) di kota itu.


"Kami siap mewujudkan program berwawasan lingkungan itu karena sangat penting artinya bagi kehidupan manusia dan keseimbangan alam," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Hal itu disampaikannya usai acara peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kantor BLH Banjarbaru Jalan Trikora yang dihadiri berbagai pihak dan instansi terkait lainnya.

Menurut dia, upaya mewujudkan kota berwawasan lingkungan yang hijau dan sehat memerlukan peran aktif masyarakat dalam mengelola lingkungan sekitarnya.

"Kami akui, belum seluruh pihak peduli lingkungan. Namun ke depan kami akan mengajak baik individu maupun kelompok untuk bersama-sama peduli lingkungan," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mulai mengajak aparatur pemerintah melalui kegiatan "eco office" yakni kawasan perkantoran pemerintah berwawasan lingkungan.

"Saat ini, lomba "eco office" masih antar instansi pemerintah, ke depan kami juga akan mengajak instansi lain baik perusahaan dan swasta mengikuti lomba itu," ungkapnya.

Dikatakan, selain program "eco office", pihaknya juga menggalakkan program kali bersih dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat peduli lingkungan terutama sungai-sungai.

"Melalui prokasih, kami berupaya membangkitkan kesadaran setiap masyarakat agar peduli lingkungan termasuk menjaga sungai-sungai agar tetap bersih," katanya.

Sementara itu, kantor pemerintah yang ditetapkan sebagai pemenang lomba "eco office" tahun 2015 adalah Kelurahan Landasan Ulin Utara (LUU) Kecamatan Liang Anggang.

"Kami bangga atas keberhasilan meraih juara I "eco office" dan gelar ini akan menjadi penyemangat kami lebih baik lagi," ujar Lurah LUU Pengayom Bayu Ajie.***4***







(T.KR-YRZ/B/H005/H005) 09-06-2015 20:55:08

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015