Bupati Kotabaru H Sayed Jafar memberikan bantuan secara pribadi kepada korban kebakaran di Desa Manunggal Lama, Kecamatan Sungai Durian, sekitar Rp20 juta untuk meringankan beban para korban kebakaran.

"Pemerintah daerah meminta warga yang terkena musibah kebakaran tetap sabar, mudah mudahan diberikan ketabahan dalam menghadapi semua cobaan dengan ikhlas, insyaAllah nantinya akan diberikan lebih baik oleh yang maha kuasa dari apa yang ada sekarang," kata bupati.

Dia menegaskan, setiap desa harus mengadakan mesin portabel pemadam paling tidak ada dua buah tiap kecamatan untuk mengantisipasi apabila terjadi musibah kebakaran agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Bupati juga mengimbau, dengan cuaca yang panas sekarang agar warga berhati hati terutama kepada alat alat yang mudah terbakar di simpan pada tempat yang aman.

Ia juga meminta warga untuk berkoordinasi dengan pihak kecamatan juga desa terkait bila adanya bantuan.

Sementara itu, kebakaran yang menghanguskan tujuh buah rumah, beserta mobil dan sepeda motor di Desa Manunggul Lama Kecamatan Sungai Durian pada Minggu, (8/8/2021) dini hari itu langsung mendapat respon bupati.

Bupati langsung meninjau lokasi kebakaran yang berada tepat di depan Masjid Asy Syapa'ah Desa Manunggul Lama, sekaligus menyerahkan bantuan pribadi Rp20 juta, paket sembako dan peralatan masak dari Dinas Sosial bersama BPBD secara simbolis kepada camat juga perwakilan korban kebakaran.

Camat Sungai Durian, Muhammad Safi'i melaporkan, kebakaran di Desa Manunggul Lama menghanguskan tujuh buah rumah, mobil dan kendaraan serta harta benda berharga warga lainnya.

"Memang, api cukup cepat melalap bangunan warga kami pada dini hari kemarin sehingga tujuh rumah yang dihuni oleh tujuh kepala keluarga dan 24 jiwa harus kehilangan tempat tinggal," ujarnya.

Untuk kerugian bebernya, diperkirakan sekitar Rp2 miliar dan tidak ada korban jiwa.

Pewarta: Imam

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021