Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan kembali melaksanakan pencanangan vaksinasi COVID-19 tahap tiga untuk seluruh tenaga kesehatan (Nakes) se-Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan, di Gedung Management Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Boejasin, Jum’at (13/8). 

Pada kegiatan itu, Bupati Tanah Laut  HM Sukamta menjadi satu dari sekian Nakes yang mendapatkan vaksin jenis Moderna.

Ditemui usai mendapatkan vaksin, Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengaku bersyukur dapat mengikuti vaksinasi tahap tiga dengan serangkaian vaksinasi berjalan lancar. 

Dia berharap,  vaksin jenis Moderna tersebut bisa menjadi penambah kekebalan para Nakes di Tanah Laut.

“Kita utamakan tenaga kesehatan karena mereka garda terdepan penanganan COVID-19,” katanya.

Sementara,  Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Tanah Laut Antonius Jaka mengatakan, vaksin jenis Moderna disiapkan untuk para Nakes. 

Dia juga berharap,  dengan vaksinasi ketiga  tidak ada lagi Nakes yang gugur karena COVID-19.

“Petugas kesehatan kita juga sudah banyak yang  meninggal akibat terkonfirmasi positif COVID-19, agar tetap pelayanan terhadap penanganan COVID-19 bisa berjalan,  maka diprioritaskan tenaga kesehatan divaksinasi  ketiga ini  dengan Vaksin Moderna,”terang Antonius Jaka.

Lebih lanjut  Antonius Jaka menyampaikan,  pihaknya terus mengusahakan permintaan vaksin jenis Sinovac untuk masyarakat luas.

“Vaksinasi Sinovac untuk masyarakat luas distribusinya masih terbatas,” tambahnya.

Antonius Jaka juga mengemukakan,  apabila seseorang menerima vaksin dalam dua dosis,  maka jenis dosis yang pertama dan kedua diharuskan sama.

“Vaksin pertama Sinovac, vaksin kedua menggunakan Moderna ini tidak bisa, nanti akan menimbulkan efek samping yang berat dan efikasi atau kegunaan dari vaksin tersebut tidak maksimal,”tegasnya.

Antonius Jaka juga menguraikan,  pemberian vaksin jenis Moderna kepada para Nakes memiliki efek samping yang berbeda dari vaksin jenis Sinovac. 

“Efikasi atau memberikan kekebalannya antara Sinovac dan Moderna memang ada perbedaan.  Kalau Sinovac itu 65 persen sedangkan Moderna itu sampai 95 persen. Namun, efek sampingnya dilaporkan juga agak beda, kalau Sinovac itu lebih ringan, misalnya sakit kepala atau demam paling 3 sampai 6 jam. Sedangkan  Moderna bisa sampai 24 jam atau 48 jam,” paparnya.

Kemudian, terang dia, Dinkes Tanah Laut menerima 122 botol/ vial dengan persatu vial digunakan untuk 14 hingga 15 orang dari Dinkes Provinsi Kalsel. 

"Nakes direncanakan menerima vaksinasi tahap tiga sebanyak 1.778 orang yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan Tanah Laut,"demikian tutupnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021