Tanjung,(Antaranews Kalsel) - Desa Tanta Hulu, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti lomba desa tingkat provinsi karena memiliki sejumlah usaha unggulan dan ekonomi kemasyarakatan.


Kepala Desa Tanta Hulu, Bastian, di Tanjung, Rabu, mengatakan, sejumlah usaha unggulan itu antara lain jasa perbengkelan, transportasi dan pengembangan komplek perumahan.

"Warga Desa Tanta Hulu juga mengembangkan usaha ternak ayam buras untuk meningkatkan pendapatan dan alhamdulillah tahun ini bisa mewakili Tabalong dalam penilaian lomba desa tingkat provinsi," jelas Bastian.

Bastian pun memaparkan kinerja pemerintah desa yang dipimpinnya selama lebih dua tahun, yang mencakup data kependudukan, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, kinerja pemerintahan, sarana dan prasarana dan wajah desa.

Selain Desa Tanta Hulu, Kelurahan Tanjung juga mengikuti lomba serupa mewakili Kabupaten Tabalong menyusul penilaian yang dilakukan tim lomba desa tingkat provinsi Kalsel di wilayah tersebut.

Ketua tim penilai lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Syahrial mengatakan, penilaian dilakukan secara obyektif dengan mengacu pada beberapa indikator.

Diantaranya pendidikan, kesehatan masyarakat, pemerintahan desa, partisipasi masyarakat hingga kelembagaan dan PKK.

"Desa Tanta Hulu dengan sejumlah usaha unggulan memang cukup layak untuk mengikuti lomba desa dan program yang kami gulirkan bisa terlaksana dengan baik di tingkat desa," jelas Syahrial.

Dalam penjelasannya, Syahrial mengatakan, pemerintahan desa bukan hanya tanggung jawab Bupati tetapi juga tanggung jawab camat hingga Presiden.

Karena itu komitmen pemerintah daerah maupun pusat dalam membangun desa yang mandiri perlu diwujudkan melalui program pembangunan, ujarnya.

  Penilaian lomba desa tingkat provinsi yang digelar di halaman SD Negeri Tanta Hulu juga dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.   

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015