Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengajak wira usaha baru (WUB) untuk membangun brand atau identitas dan karakter produk hingga bisa berkembang maju pada masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini.

"Semua harus bisa kreatif, apalagi para wira usaha baru di masa pandemi COVID-19 ini, kami pemerintah kota mengajak ayo bangun brand," ujar Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor pada Seminar Nasional Career Talk 2021, Sabtu.

Kegiatan itu diselenggarakan secara daring oleh Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Teman kegiatan ini "Membangun brand bisnis UMKM pada masa digitalisasi di era new normal".

Menurut Arifin Noor, Seminar Nasional Career Talk 2021 sangat bermanfaat, tak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk masyarakat umum, khususnya para pelaku wira usaha baru agar bisa mengembangkan bisnisnya.

Dijelaskannya, di masa digitalisasi era new normal ini, selain membangun brand yang diperlukan para wira usaha adalah membentuk komunitas atau kelompok sosial.

Dengan adanya kelompok-kelompok tersebut, lanjutnya, para wira usaha ke depannya bisa menjadi agen edukasi digital, untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat di Kota Banjarmasin. 

"Jadi dengan adanya kegiatan ini, saya harapkan nantinya dapat meningkatkan produktivitas sumber daya manusia yang berjiwa kewirausahaan tangguh, berjiwa sains dan mandiri," ujarnya.

Dikatakannya lagi, dengan adanya kegiatan tersebut, nantinya dapat tercipta wira usaha baru, yang bisa membuka lapangan pekerjaan baru di era new normal, sehingga dapat membantu bisnis masyarakat dan perilaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pemerintah Kota Banjarmasin, katanya, pada tahun 2016 hingga 2021 sudah menciptakan dan membina lebih dari 2.500 wira usaha baru, di mana pada periode kepemimpinannya dengan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina ini, program itu dilanjutkan.

"Kita harap banyak mahasiswa yang ikut program ini," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021