Pelaihari, (Antaranews Kalsel) – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut (DKP Tala), Kalimantan Selatan, Selasa (19/5), menggelar Sosialisasi Program Pengembangan Kawasan Pesisir Tangguh (PKPT), di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari.


Acara sosialisasi tersebut dihadiri  Wakil Bupati Tanah Laut.  H Sukamta, Direktorat Pesisir dan Keluatan Kementerian Kelautan dan Perikanan,  Enggar Sadtopo, Dosen Fakultas Perikanan Universitas Lambung Mangkurat,  Baharudin,  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Tanah Laut.  Akhmad Mustahdi, dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanah Laut,  H M Noor.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Laut,  Akhmad Mustahdi mengatakan, sosialisasi tersebut memberikan pemahaman tentang pengembangan dan program pengembangan kawasan pesisir yang tangguh  Tanah Laut.

“Sosialisasi ini dilakukan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat di sekitar pesisir dalam pemeliharaan wilayah. Selain itu,  menambahkan pengetahuan bagi para nelayan yang tinggal di sekitar pesisir.

Menurut dia, peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut berasal dari perwakilan nelayan  Desa Pagatan, Desa Tabanio dan  Desa Takisung.
Terpisah,  Wakil Bupati Tanah Laut, H Sukamta mengungkapkan rasa syukur dipercayanya Kabupaten Tanah Laut menjalankan program nasional  Pengembangan Kawasan Pesisir Terpadu .

“Alhamdulillah daerah kita dipercayakan menjalankan program nasional berupa Pengembangan Kawasan Pesisir Terpadu di Kabupaten Tanah Laut,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan,  pemerintah daerah telah melakukan identifikasi untuk mengetahui segala persoalan-persoalan yang sedang dihadapi  para nelayan di daerah tersebut.

“Persoalan yang dihadapi nelayan di daerah kita salah satunya adalah,  prasarana. Hal itu sangat berpengaruh pada persoalan penghasilan mereka yang masih rendah,” terangnya.

Sukamta berharap,  peserta sosialisasi  mendapatkan ilmu yang nantinya dapat  diterapkan  untuk kepentingan daerahnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Arianto


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015