Ketua Orari Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), H Akhmad Yani, menyampaikan di amatir radio ini ada kegiatan yang bersinergi dengan kepramukaan, dan kegiatan ini diharapkan terlaksana dengan terjalin dengan sinergi antara Orari Lokal Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, yakin sinergi tersebut bisa terlaksana karena memang Ketua Kwarcab HSS juga dijabat Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad yang akrab disapa "Ka Choe", pihaknya mengajak Orari Lokal dan Kwarcab HSS dapat tampil dalam gelaran kegiatan tersebut yang direncanakan di bulan Oktober 2021 mendatang.

"Nama kegiatan tersebut dalam bentuk Jambore via radio amatir, Jambore On The Air - Jambore On The Internet (JOTA-JOTI), nantinya diharapkan dari Orari Lokal dan Kwarcab Pramuka HSS dapat tampil dan ikut serta," katanya, dalam sambutan pengukuhan DPP dan pengurus Orari Lokal HSS, di Open Stage-Area Wisata Keluarga, Loksado, Sabtu (24/7).

Dijelaskan, untuk persiapan kegiatan tersebut telah melakukan pembicaraan persiapannya secara internal dengan pengurus Orari di tingkat daerah maupun lokal, dan rencananya akan berkoordinasi dengan Kwartir Daerah(Kwarda) Kalsel melalui unsur pengurus inti.

Secara khusus, untuk radio amatir bidang kepramukaan ini, ia berkeinginan Kabupaten HSS menjadi pilot project atau pencontohan bagi daerah lain, maka pihaknya akan turun memberikan dukungan apa saja nanti di kwarcab itu yang perlu disiapkan.

Seperti dengan bekerjasama dengan Orari Lokal HSS dari anggotanya, mungkin ada perangkat yang bisa digunakan terus memasang antenanya, serta diminta peran dari anggota yang mengerti tentang teknik pemasangan radio dan lainnya.

"Masalah ini akan kita tindak lanjuti, mudah-mudahan ini keinginan yang bisa kita laksanakan, memang di daerah lain suada ada kwarcab melaksanakan sebagian tapi tidak seluruhnya. Dan tahun ini kita siapkan supaya lebih bagus pelaksanaannya," katanya.

Menurut dia, ada banyak kegiatan frekuensi radio yang telah dilaksanakan Orari Daerah Kalsel, peringatan Hari Ulang Tahun Orari Daerah Kalsel ke-50 atau tahun emas bagi Orari Daerah Kalsel, diisi pelaksanaan penyerahan Golden Award berupa piagam untuk anggota yang mengikuti dan telah melengkapi data-data persyaratannya.

Kemudian, event "SIS" atau dulu dikenal dengan "Call Special", di high frequency dan very high frequency, serta akan diadakan frekuensi kontes nantinya akan diikuti juga dari berbagai peserta dari berbagai negara di belahan dunia. Di mana pesertanya tidak hanya dari Kalsel, tapi akan diikuti peserta yang berasal dari negara lain.

Berikutnya, kemarin dilaksanakan bimbingan teknis, intinya itu bagaimana mengikuti kegiatan di frekuensi, manajemennya administrasinya dan lainnya, dirangkai dengan kegiatan donor darah. Pihaknya bersyukur dari HSS sudah ikut berpartisipasi melaksanakan donor darah, tanda kepedualian terhadap sesama.

"Melalui donor daerah tersebut kemudian kita sumbangkan darahnya, terutama di masa pandemi COVID-19 tentu sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan," katannya.

Pihaknya berkeinginan nanti di HSS juga dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan di keamatiran, seperti dibantuan komunikasi, terutama penanggulangan bencana tetapi yang juga diimbangi dengan kegiatan di amatiran lainnya. Program kegiatan disusun di Orari Lokal disarankan tidak terlalu banyak, terpenting kegiatannya bisa terlaksana.

Sementara itu, Ketua Orari Lokal HSS, H Muhammad Zikri, menyatakan kesiapannya dalam membina sinergi dengan berbagai pihak, termasuk berpartisipasi menyukseskan jambore via radio amatir yang dilaksanakan Orari Daerah Kalsel, serta para pengurus akan bahu membahu dalam membesarkan organisasi dan memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas. 

Baca juga: Wabup HSS : Peran Orari Lokal penting untuk menekan angka kasus COVID-19

Baca juga: HSS zona orange maksimalkan PPKM berbasis mikro

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021