Wakil Bupati(Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, menghadiri acara pengukuhan Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP) dan Pengurus Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (Orari) Lokal HSS masa bakti 2021 - 2024, bertempat di Open Stage-Area wisata keluarga, Loksado.

Ketua Orari Lokal HSS, H Muhammad Zikri,  Sabtu (24/7), mengatakan Orari Lokal akan terus berperan aktif membantu pemerintah menyediakan alat komunikasi yang baik, agar dalam melakukan misi kemanusiaan bisa menjalin komunikasi dengan lancar.

"Kami akan melaporkan dengan cepat kondisi di tempat kejadian musibah atau bencana kepada stakeholder terkait, sehingga dapat dilakukan evakuasi atau proses penyelamatan sesegera mungkin," katanya.

Dijelaskan dia, pihaknya juga menyatakan siap untuk terlibat aktif dalam mengikuti semua event atau kegiatan pembinaan radio amatir, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas serta kinerja kepengurusan.

Wabup HSS,  Syamsuri Arsyad, mengatakan apresiasi atas peran Orari lokal HSS selama ini dalam turut mendukung pembangunan, meskipun saat ini perkembangan teknologi komunikasi sudah sangat canggih, namun peran amatir radio tidak bisa ditinggalkan.

Apalagi jika berhubungan dengan komunikasi saat bencana, emergency, evakuasi, maupun penjelajahan di alam bebas. Di saat alat komunikasi lain tidak bisa digunakan, radio amatir tetap dapat berperan dalam menjembatani komunikasi yang diperlukan.

"Kami berharap Orari Lokal HSS di bawah kepemimpinan yang baru bisa lebih baik dan unggul, termasuk kepatuhan atau etika anggotanya dalam memahami dan mematuhi ketentuan penggunaan frekuensi radio," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah siap bersinergi dan kepada Orari lokal bisa memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan di HSS, serta juga mengucapkan selamat dan berterima kasih karena dengan diberikannya keanggotaan kehormatan untuk beberapa pejabat di HSS.

"Anggota Kehormatan Orari lokal tersebut baik kepada Ketua DPRD HSS, H Akhmad Fahmi, Sekretaris Daerah, HM Noor,  dan Kepala Inspektorat HSS, Rusmajaya,  semoga ini menjadi kebaikan untuk kita semua,” katanya.

Ketua Orari Daerah Kalimantan Selatan, H Akhmad Yani, mengatakan berharap agar tercipta sinergi baik antara Orari Lokal HSS dengan Pemkab HSS, terutama dalam mendukung pembangunan di daerah.

Serta, tidak kalah pentingnya kegiatan kemanusiaan bersifat kebencanaan, Orari lokal HSS harus turun tangan dengan sepenuh hati dalam membantu pemerintah walaupun tentunya semua pihak tidak menginginkan bencana tersebut terjadi.

"Kami ingin supaya Orari Lokal HSS dan jajaran juga bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam rangka keamatiran, serta anggota kita menaati peraturan yang telah ditetapkan pemerintah," katanya.

Pengukuhan ini mengusung tema “Meningkatkan Kualitas SDM Anggota dan Kinerja Pengurus Demi Peningkatan Eksistensi ORARI pada Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan serta jumlah yang hadir terbatas.

Turut berhadir, Ketua DPP ORARI Lokal HSS H. Herry Darmawan, Kepala Dinas Kominfo Kab. HSS Hj. Rahmawaty, para pejabat terkait, serta anggota DPP dan pengurus Orari Lokal masa bakti 2021-2024.
 

Baca juga: Ketua Orari lokal HSS siap bersinergi dengan pemerintah daerah

Baca juga: HSS zona orange maksimalkan PPKM berbasis mikro

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021