Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Banjarmasin Tengah dalam pelaksanaan razia rutin yang ditingkat berhasil mengamankan puluhan pelaku tindak pidana ringan (Tipiring) yang ada di kota tersebut.

"Puluhan pelaku Tipiring itu kami amankan karena telah melakukan pelanggaran yang tergolong dalam kategori pelanggaran Tipiring," ucap Kapolsekta Banjarmasin Tengah Uskiansyah melalui Kanit Sabhara IPDA Pol Abdurrahman di Banjarmasin, Jumat.

Ia mengatakan, para pelaku Tipiring itu diamankan dalam razia yang dilakukan pada Kamis (14/5) malam mulia pukul 23.00 Wita hingga Jumat (15/5) dini hari sekitar pukul 01.30 Wita.

Razia tersebut dilakukan dalam bentuk hunting atau patroli ke wilayahan dititik-titik rawan terjadinya tindak kriminalitas ataupun kejahatan.

Sasaran dalam kegiatan malam itu di antaranya Pasar Sudimampir, Pasar Baluaran, Pasar Cempaka, serta wilayah lainnya yang ada di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

"Setiap orang yang kami curigai langsung dilakukan pemeriksaan dan apabila terjadi pelanggaran langsung kami naikkan ke mobil patroli," tuturnya.

Dijelaskan pelanggaran dalam tindak pidana ringan itu di antaranya tidak memilik KTP, pemabuk, minuman keras, ngelem, mabuk obat daftar G, PSK, balapan liar, serta lainnya.

"Hasil dari kegiatan razia itu kami mengamankan 22 pelaku tindak pidana ringan dan semua pelaku kami giring ke kantor untuk pendataan dan proses hukum," ujarnya usai memimpin razia tersebut.

Dari 22 orang yang diamankan itu mereka masing-masing melakukan pelanggaran di antaranya tiga orang pemabuk, tiga pengamen, delapan wanita diduga Pekerja Sek Komersil (PSK), dan satu orang membawa senjata tajam dan tujuh orang lainnya tidak memiliki atau tidak membawa KTP.

"Semuanya kami lakukan proses hukum dan nantinya akan diserahkan ke pengadilan guna menjalani sidang tindak pidana ringan namun sebelumnya kami lakukan pembinaan dan menandatangani surat pernyataan," kata pria berkumis itu.

Untuk diketahui razia rutin yang ditingkatkan itu bertujuan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Banjarmasin Tengah dan razia itu dipimpin oleh Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Uskiansyah.



Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015