Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakana seleksi calon mahasiswa penerima bantuan beasiswa ke luar negeri, tepatkan ke Timur Tengah untuk  gelombang kedua.

Ketua Panitia Seleksi, Ustadz Diny Mahdini, di Kandangan, Kamis (22/7), mengatakan MUI HSS bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS memiliki dua program beasiswa yaitu bantuan beasiswa dan bantuan pendidikan.

"Untuk hari ini kita melaksanakan seleksi calon mahasiswa penerima bantuan beasiswa ke Timur Tengah gelombang dua, dan diikuti sebanyak empat orang calon mahasantri penerima beasiswa yang akan menuntut ilmu di Al azhar Mesir," katanya, di Sekretariat MUI HSS.

Dijelaskan dia, seleksi yang dilaksanakan ada dua tahapan, yaitu seleksi tertulis guna menggali potensi akademik serta potensi keagamaan baik itu segi bahasa dan yang lainnya, sedang seleksi wawancara dilaksanakan pengujian pada wawasan kebangsaan, wawasan Ahlussunah Wal Jamaah, dan yang terakhir wawasan keagamaan secara keseluruhan.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra HSS, Fajar Abdi, mengatakan beasiswa yang disalurkan ini adalah merupakan hibah yang dikerjasamakan Pemkab HSS kepada MUI HSS, sebagai wujud komitmen dan keseriusan pemkab dalam membantu biaya pendidikan santri atau santriwati ponpes yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

"Ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati  HSS, yang ingin mewujudkan masyarakat yang tidak hanya sejahtera dunia tetapi juga sejahtera di akhirat," katanya.

Ditambahkan dia, diharapkan setelah para mahasantri ini menyelesaikan pendidikan di Timur Tengah, dapat kembali ke masyarakat dan dapat mengamalkan serta menyalurkan ilmunya kepada masyarakat di HSS.

Baca juga: Pembangunan Islamic Center HSS masuki tahap pembangunan mesjid induk

Baca juga: Dana ratusan juta terkumpul dari ASN HSS, bantu bangun Rumah Sakit di Palestina

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021