Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad menyerahkan dana bantuan untuk pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Hebron, Palestina, bertempat di Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, bantuan yang diserahkan sebesar Rp156.750.000,- dan merupakan dana yang dikumpulkan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten HSS, hal ini sejalan dengan imbauan MUI kepada masyarakat untuk memberikan donasi bantuan untuk Rumah Sakit Indonesia di Palestina.

"Selain MUI, kami juga mengimbau OPD sampai ke kecamatan untuk kita merapatkan barisan menghimpun potensi untuk membantu dan mendukung himbauan MUI, sehingga terkumpul Rp156.750.000,-," katanya, usai penyerahan donasi yang diterima Ketua MUI HSS TGH. Muhammad Riduan Baseri.

Dijelaskan dia, ini bukan uang kas dari pemerintah daerah akan tetapi uang kumpulan dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda semua sampai hingga level Puskesmas. Jadi hari ini pihaknya menyerahkkan dengan harapan bisa dijadikan satu dengan yang masuk ke rekening MUI juga.

Baca juga: 15 santri HSS terima bantuan pendidikan ke Tareem, Yaman

Lebih lanjut, ia berharap donasi yang diberikan dapat meringankan beban saudara-saudara muslim yang ada di Palestina. Dan berterima kasih juga kepada MUI HSS yang telah menghimbau untuk mendo'akan doa setiap selesai shalat Jum’at  serta telah dilaksanakan juga di beberapa masjid.

"Mudah-mudahan dengan usaha kita memberikan donasi dan do'a, persoalan yang dihadapi saudara-saudara muslim kita di Palestina bisa segera selesai, dan mereka bisa hidup kembali seperti sedia kala,” katanya.

Ketua MUI HSS, TGH. Muhammad Riduan Baseri, mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS yang telah berinisiatif untuk mengumpulkan dana dari para ASN. Dana ini akan digabungkan dengan yang dana yang telah dikumpulkan oleh MUI.

Menurut dia, bahkan kalau dilihat nominal sampai saat ini dari yang diserahkan Bupati HSS jauh lebih banyak daripada yang bisa pihaknya kumpulkan. Ia berharap nanti diakhir bulan akan akan diserahkan langsung ke kedutaan yang ada di Palestina.

Baca juga: Pembangunan Islamic Center HSS diharapkan selesai tepat waktu

Dan untuk diketahui bersama seluruh masyarakat, dana ini bertujuan untuk pembangunan Rumah Sakit jadi ini jelas tujuannya dan ini adalah tahap kedua. Jadi tahap pertama setahun yang lalu sebelum COVID-19 sebesar kurang lebih Rp150.000.000,-.

"Untuk tahap kedua sekarang ini, Alhamdulillah sudah dua kali lipat bahkan mungkin lebih nantinya terkumpul. Kita bersyukur dan kita berdoa mudah-mudahan ini amal ibadah dan menjadi amal jariyah bagi kita bersama. Ini bukti kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita kaum muslimin walaupun jauh,” katanya.

Ditambahkan dia, agar mengingatkan tidak hanya memberi perhatian kepada saudara-saudara muslim yang jauh, tetapi juga harus memperhatikan saudara-saudara yang dekat yang sedang mengalami musibah, karenanya banyaknya bencana alam ada banjir ada kebakaran dan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021