Panitia Musholla Imam Bukhori di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melaksanakan pemotongan sepuluh ekor herwan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"Alhamdulillah tahun ini jumlah hewan kurban meningkat sekitar 80 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya, artinya antusias masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban juga meningkat meskipun masa pandemi COVID-19 " kata Ketua panitia Musholla Imam Bukhari, Hartono Juhan di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, tahun lalu jumlah hewan kurban yang dipotong hanya enam ekor. Sedangkan tahun ini bertambah menjadi sepuluh ekor hewan kurban, jumlah tersebut melebihi target yang diperkirakan.

Dalam pembagian daging kurban agar tidak terjadi kerumunan, sebelumnya para panitia telah menyiapkan dan membagikan sekitar 1000 kupon daging kepada fakir miskin dan yatim piatu di beberapa kecamatan yang ada di Tanah Bumbu mengunakan jadwal pengambilan yang berbeda.

Kemudian bagi mereka yang sudah menerima kupon dapat menukarkannya dengan daging yang sudah disiapkan oleh pihak panitia di Mushola tersebut dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Uniknya dalam pelaksanaan pembagian daging kurban kali ini pihak panitia tidak mengunakan kantong plastik, namun daging tersebut dikemas dalam stoples agar lebih praktis dan terjamin kebersihanya,' ujarnya.
 
Hal tersebut ungkap Hartono, pembagian daging dalam kemasan stoples adalah sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mengurangi pengunaan kantong platik.

"Bahkan kedepannya, pihaknya panitia juga berencana akan melibatkan para pengerajin yang ada di Tanah Bumbu untuk menyediakan wadah daging yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti anyaman bambu dan "purun"." pungkas Hartono.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021