Menjelang Idul Adha 1442 Hijriah yang bertepatan 20 Juli 2021 kaum Muslim ramai mempersiapkan pelaksanaan ibadah qurban seperti halnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Ahad (18/7) melaporkan, Panitia Qurban Masjid Assa'adah Komplek Beruntung sengaja membuat alat bantu untuk membawa daging sapi sembelihan.

Pasalnya jarak antara tempat penyembelihan dengan memotong-motong daging lumayan jauh sehingga kalau seperti menggotong paha sapi berdua masih cukup sulit dan berat, apalagi jika sendirian.

Oleh karenanya, Panitia membuat kereta tarik untuk lebih memudahkan membawa daging dari tempat penyembelihan ke bagian pemotongan dan penimbangan.

Apalagi pelaksanaan ibadah qurban di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin pada 1442 H meningkat bila dibandingkan dengan tahun lalu (1441 H).
Alat bantu persiapan pelaksanaan ibadah qurban 1442 H di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin. Alat bantu tersebut bikinan Panitia Qurban sendiri. (Syamsuddin Hasan)

Selain itu, Panitia Qurban tersebut membuat tiang penyangga buat menggantung paha sapi yang sudah disembelih/dipotong untuk memudahkan memotong-motong guna dibagi-bagikan selanjutnya.

Panitia Qurban pun lebih awal atau pada Sabtu (17/7)/H-3 sudah mendirikan tenda untuk tempat bergotongroyong memotong-motong daging dan lain yang selanjutnya dibagi-bagikan kepada masyarakat umum.

Peserta ibadah qurban di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin tahun lalu sebanyak 16 ekor sapi, dan 1442 H atau tahun ini 17 ekor.

"Sebenarnya masih ada orang yang mau mendaftar pelaksanaan ibadah qurban, tapi karena keterbatasan tenaga panitia/pelaksana sehingga kami cukupkan 17 ekor sapi saja," ujar Burhan, salah seorang panitia.
Tenda sudah terpasang H-3 sebelum pelaksanaan ibadah qurban 1442 H di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin. Alat bantu tersebut bikinan Panitia Qurban sendiri. (Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021