Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menghadiri replanting atau Program Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun (PKSP), Kelompok Tani Sumber Rezeki, Desa Sukamaju, Kecamatan Sampanahan.

"Program pemerintah dengan peremajaan kelapa sawit bertujuan untuk mengganti tanaman sawit yang sudah tua atau replanting yakni dengan mengganti bibit sawit yang unggul," katanya.

Dikatakan, program replanting bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit yang sebelumnya sudah menurun hasil buahnya.

Pelaksanaan program peremajaan sawit yang dilaksanakan ini juga akan dapat berpengaruh pada pendapatan petani di masa mendatang, sehingga dalam setiap bulannya dibutuhkan strategi yang tepat agar stabilitas pendapatan petani sawit selama program berlangsung tetap terjaga.

"Saya juga berharap dengan adanya peningkatan produksi kelapa sawit dapatenjadi andalan sub sektor Perkebunan yang mampu mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah," harap Bupati, melalui siaramn pers.

Kepala Dinas Pertanian Kotabatu, Hairuddin menjelaskan, program replanting ini menggunakan bibit kelapa sawit yang berkualitas dan unggul.

"Alhamdulillah Kelompok Tani Kotabaru mendapatkan bantuan bibit sawit untuk lahan sekitar 1.000 hektare, bantuan ini diharapkan bisa untuk meningkatkan hasil produksi kelapa sawit, " ujarnya.

Dalam acara tersebut Bupati Kotabaru memberikan bantuan Herbisida kepada Kelompok Sumber Rejeki, bantuan kepada pondok pesantren Ibnu Syarif Al Amin sebesar Rp200 juta, bantuan kepada masjid Baiturrahim sebesar Rp50 juta, Madrasah Diniyah Darul Ma'rifah sebesar Rp75 juta, Masjid An-Nur sebesar 250 juta, musholla Darul Ma'rifah sebesar Rp300 juta, program lanjut usia sebesar Rp2,4 juta dan program disibilitas sebesar Rp2,4 juta.

Selain di hadiri langsung oleh Bupati Kotabaru, Wakil Bupati, Dandim 1004 Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Ketua TP-PKK Hj Fatma Idiana, Kepala SKPD, Forkopimca, Kepala Desa, Anggota Kelompok Tani serta para tamu undangan lainnya.

Setelah kegiatan penanaman bibit sawit dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan jalan didesa Rampa Manunggul Kecamatan Sampanahan yang dilaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang panjangnya mencapai 6 km.

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021