TNI Angkatan Laut dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) bersinergi melakukan serbuan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Alhamdulilah ada sekitar 200 pelaku UMKM yang divaksin bersama beberapa komunitas masyarakat lainnya," terang Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, Lanal Banjarmasin terus berupaya menyasar lebih banyak masyarakat dari berbagai latar belakang untuk divaksin, sehingga cakupan vaksinasi dapat berjalan maksimal sesuai harapan pemerintah.

Diketahui prioritas awal TNI AL membantu serbuan vaksin untuk masyarakat pesisir dan industri jasa maritim sesuai bidangnya benteng pertahanan negara di laut.

Sebelumnya Lanal Banjarmasin bekerja sama dengan Pelindo dan juga Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA) untuk memvaksinasi para karyawan di lingkungan pelabuhan dan anak buah kapal serta nelayan.

Namun setelah sasaran utama tersebut terlaksana, maka berikutnya Lanal Banjarmasin membantu vaksinasi untuk komunitas masyarakat lainnya termasuk kalangan mahasiswa.

"Saat ini hampir setiap hari tim vaksinator Lanal Banjarmasin bekerja membantu penyuntikan vaksin ke masyarakat. Ayo bagi yang belum divaksin, silahkan datang ke tempat-tempat digelarnya vaksinasi," tutur Herbi.
Vaksinasi massal di Gedung Hasan Basry Markas Komando Lanal Banjarmasin. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua Kadin Kota Banjarmasin Nanda Febrian Pratama berterima kasih kepada Lanal Banjarmasin karena telah memfasilitasi anggotanya untuk divaksin termasuk dari pelaku UMKM.

"Vaksinasi akan kita perluas untuk anggota lainnya dan kami harap dapat didukung terus oleh jajaran TNI demi suksesnya program pemerintah mewujudkan kekebalan komunitas di tengah pandemi," jelasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021