Perusahaan Daerah Pengolahan Air Limbah (PD PAL) Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) setempat menggelar acara sosialisasi pengolahan limbah domistik yang melibatkan banyak pihak sekolah.

Direktur PD PAL Banjarmasin Rahmatullah didampingi pejabat PD PAL lainnya Mugni kepada pers di acara lokasi sosialisasi di gedung utama Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7  Jalan Veteran Banjarmasin, Selasa menyebutkan kegiatan tersebut selama lima hari.

Tadinya mau digelar serentak dengan melibatkan kepala sekolah dan para guru yang sekolahnya sudah berpredikat Adiwiyata di gedung balai kota Banjarmasin, tetapi dinilai orangnya kebanyakan.

Di saat musim pandemi ini disebutkan, tak boleh banyak orang makanya dari 140 orang yang akan terlibat dibagi lima kali pertemuan mulai Senin dan berakhir Jumat ini.

Dalam setiap sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan BLHD Kota Banjarmasin Dwi Nanik yang sekaligus bertindak selaku nara sumber dalam pembinaan sekolah Adiwiyata di Kota Banjarmasin.

Sementara sosialisasi mengenai keberadaan PD PAL yang diwakili oleh Kepala Bidang Umum PD PAL, ibu Rosayu Inta Angraini yang sekaligus mengajak semua sekolah untuk mengelola limbah dmoistik sehingga nilai Adiwiyata bisa meningkat di sekolah tersebut.
Kegiatan sosialisasi di SMPN 7 Banjarmasin (Antaranews Kalsel/Hasan Z)


Panjang lebar Rosayu Inta Anggraini memaparkan keberadaan PD PAL sejak didirikan hingga  sekarang yang memiliki beberapa lokasi pengolahan air limbah, karena sejatinya sebagai kota yang baik bukan limbah domistik (tinja) saja yang tak boleh dibuang langsung ke sungai tetatpi juga limbah limbah lain.

Air cucian, air cuci mobil, siram bunga, atau air bekas industri itu sejogiaynya diolah dulu menjadi air yang bersih baru dibuang ke sungai.

Apalagi kalau tinja, seharusnya semuanya diolah dulu menjadi air bersih lalu dibuang ke sungai agar air sungai yang ada tidak tercemari tinja yang bisa menimbulkan bakteri membuat tidak sehat.

Nara sumber yang lain Ketua Perkumpulan Hijau Daun (PHD) Hasan Zainuddin atau Paman Anum yang memaparkan kondisi lingkungan secara umum di Banjarmasin, berkaitan dengan keinginan masyarakat menjadikan Banjarmasin dengan sungai terindah di tanah air.

Nara sumber lainnya yang akan tampil belakangan adalah Wahyu Hardi Cahyono Kepala Bidang Pengawasan BLHD Kota Banjarmasin dan Deris Kusdinar Kepala Bidang Teknih PD PAL Banjarmasin.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021