Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, secara konsisten melakukan perbaikan dan pembenahan terprogram serta terstruktur di bidang pendidikan sebagai salah satu pilar utama pembangunan daerah.


Sejumlah kebijakan telah dilakukan, diantaranya melalui pembangunan fisik maupun rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan secara merata di semua wilayah. 

Tercatat, pada 2014 terdapat 97 buah Taman Kanak-Kanak (TK), 167 sekolah Dasar (SD/MI), 24 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP/MTs) dan 10 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA/MA).

Pemerataan kesempatan belajar dan perluasan akses diterjemahkan antara lain dengan pembangunan SD Kecil di daerah-daerah terpencil dengan tenaga pengajar di Balangan berjumlah 2.300 orang.

Ada sekitar 12 SD Kecil telah dibangun di wilayah pedalaman seperti di Kecamatan Halong, Tebing Tinggi dan Lampihong demi pemerataan pendidikan. 
     
Di masing-masing SD Kecil tersebut, ditempatkan dua orang guru kontrak yang diharuskan tinggal di desa lokasi tempatnya bertugas, demi maksimalnya kegiatan belajar-mengajar.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015