Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala),Kalimantan Selatan dengan PT Bank Kalsel menggelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam rangka pengendalian distribusi Gas LPG 3 kilogram, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin,  Rabu (30/6). 

Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengatakan, perjanjian kerjasama tersebut merupakan wujud kepedulian dan komitmen Pemkab Tanah Laut kepada masyarakat kecil agar pendistibusian LPG bersubsidi 3 kilogram terjamin hingga ke tangan yang tepat.

“Kami bersama wakil bupati rapat membentuk tim. Tim melakukan pengecekan dan ternyata dari pangkalan itu banyak yang lari ke pedagang, ke pengecer dan warung-warung besar. Sehingga segera kita melakukan penertiban dan munculah solusi kartu kendali. Bersamaan dengan itu juga kita bersama camat, kepala desa agar melakukan musyawarah desa, siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan Gas LPG 3 kilogram,”ujar HM Sukamta.

Diutarakan bupati,  sebanyak 5.119 kartu kendali siap digunakan untuk 11 desa di Bumi Tuntung Pandang. 

Terpisah, Kepala Biro Sarana Prasarana Perekonomian Setdaprov Kalsel Inna Yuliani sangat mengapresiasi terobosan baru yang dibuat Bupati Tanah Laut.

“Suatu kebanggaan bagi provinsi, ini luar biasa buat pa bupati, ini diluar dari ekspektasi kita. Yang biasanya manual dan hari ini kita meluncurkan kartu pengendali berbasis elektronik digital,"terangnya.

Dia berharap, 13 kabupaten/kota lainya mengikuti, baik tingkat provinsi bahkan nasional. 

"Kami berharap bisa menjamin distribusi LPG bersubsidi 3 kilogram tepat sasaran, tepat mutu, tepat biaya dan kita menjadi fasilitator yang baik bagi masyarakat,”tegas Inna.

Sementara, Plt Dirut PT Bank Kalsel IGK Prasetya mengapresiasi kinerja Bupati Tanah Laut, sehingga kedepannya ada kerjasama dibidang lainya.

“Bank Kalsel juga berperan dengan tidak adanya pembatasan nominal minimal pada kartu ini. Peran Bupati Tanah Laut luar biasa pada masyarakat kecil,"pujinya.

Dia berkeyakinan,  akan ada kerjasama dibidang lainya, seperti parkir, pasar hingga parawisata ada  kartu elektroniknya. Ini adalah awal semoga diikuti kabupaten/kota lainya,” tutup IGK Prasetya.

Penandatanganan antara Bupati Tanah Laut  HM Sukamta dengan  Plt  Dirut PT  Bank Kalsel IGK Prasetya disaksikan Kepala Devisi Bank Kalsel, Pimpinan PT Bank Kalsel Cabang Pelaihari, Asisten Bidang Ekobangkesra Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut (Setda Tala).

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan kabupaten Tanah Laut (Diskopdag Tala), Kepala Biro Sarana Prasarana Perekonomian Setdaprov Kalsel Inna Yuliani dan dihadiri pejabat lingkup Pemkab Tala serta camat dan perwakilan kepala desa se-Tanah Laut.
 
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dengan PT Bank Kalsel melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam rangka pengendalian distribusi Gas LPG 3 kilogram, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin,  Rabu (30/6).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021