Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), Kalimantan Selatan sukses mendorong ekonomi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Program Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente bagi Ekonomi Lemah (Gapura Karomah). 

Hal itu membuat Pemkab Banjar melakukan kunjungan ke Tanah Laut guna studi tiru pelaksanaan program Gapura Karomah, di Ruang Lounge Setda Tala, Selasa (29/6).

Pemkab Banjar melalui Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Banjar Rina Yulianti menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena telah mendapat pelajaran dari Pemkab Tala.

Dia berharap akan ada pertemuan selanjutnya guna menindaklanjuti pelaksanaan program bunga nol persen didaerahnya.

“Pemberian bunga nol persen  untuk membantu perekonomian masyarakat sesuai dengan visi dan misi Bupati Banjar. Alhamdulillah tadi sangat banyak diberikan gambaran tentang program tersebut, jadi banyak pelajaran yang bisa kami tiru dari program-program yang telah dilaksanakan Pemkab Tala untuk diterapkan di Kabupaten Banjar,” kata Rina.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tala Akhmad Hairin berharap,  pertemuan tersebut bisa menjadi pemicu semangat pemerintah daerah untuk terus mendorong ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

“Kita berharap ini bisa membantu masyarakat, kemudian bisa ditiru oleh daerah-daerah lainnya, sehingga pengentasan kemiskinan dan dapat membantu kesulitan masyarakat dalam hal permodalan bisa teratasi,”terang Hairin.

Program Gapura Karomah, papar dia,  merupakan akses permodalan bagi UMKM dengan bunga nol persen  dan tanpa agunan serta maksimal pinjaman sebesar Rp15 juta yang dikelola  Bank Perkreditan Rakyat (BPR). 

"Program ini merupakan program satu-satunya di Indonesia,"demikian tutupnya.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021