Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut (Distanhorbun Tala), Kalimantan Selatan melalui bidang Hortikultura menggelar pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik di Aula Distanhorbun Jalan Datu Insyad Kota Pelaihari.

Kepala Seksi Produksi Hortikultura Distanhorbun Tala Redyawati  menyampaikan, kegiatan itu diikuti 25 orang peserta dari kelompok wanita tani dari beberapa kecamatan dan siswa SMK Takisung dengan menghadirkan narasumber Dani Komara pemilik sayuran Talafarm.

Para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan budidaya tanaman hidroponik, sebut dia, selain mengenal lebih dekat, juga mengetahui sistem hidroponik itu sendiri. 

Materi yang diberikan, sebut dia, secara bertahap, mulai dari penyemaian sampai dengan panen. 

Selanjutnya, jelas dia, praktek langsung penyemaian, mengenal bahan - bahan hidroponik serta tanya jawab peserta dengan narasumber.

"Bibit yang tersedia ada selada, bayam dan kangkung," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Distanhorbun Tala Iwan Persada, kegiatan tersebut memiliki manfaat luar biasa, karena memanfaatkan pekarangan rumah untuk mendapatkan nilai ekonomis. 

Kegiatan seperti ini, papar dia, terutama kepada kaum hawa dan remaja agar dapat memaksimalkan pekarangan.

"Perawatan tanaman ini sangat mudah dan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi," tegasnya.

Iwan berharap, melalui pelatihan tersebut para peserta dapat seksama mengikuti materi yang disampaikan  narasumber. 

Karena materi pelatihan, papar dia, berurut dari awal pengenalan media tanam, cara perawatan hingga panen dan tentu saja hingga cara pemasaran pasca panen juga diajarkan pemateri. 

"Pelatihan ini hanya satu hari saja, maka sayang jika tidak dapat maksimal mengikuti," tandasnya. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021