Polres Hulu Sungai Tengah (HST) lakukan vaksinasi kepada 3.934 warga di enam lokasi pada giat vaksinasi COVID-19 Nasional secara Massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75, Sabtu (26/6).

Kapolres HST AKBP Danang Widaryanto melalui Kasubbag Humas Iptu Soebagio menerangkan vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac di enam lokasi yaitu di Mapolres HST, Halaman Gedung Murakata, Aula Kantor PDAM HST, Mapolsek Pandawan, Perusahaan PT. Darma Kalimantan Jaya dan Kantor Desa Haliau.

"Dari enam lokasi itu sebenarnya yang hadir sebanyaj 4.350 orang dari berbagai kalangan masyarakat, namun setelah di cek kesehatannya, hanya 3.934 orang yang memenuhi syarat untuk divaksin dan sebanyak 416 orang ditunda," katanya.

Ia mengungkapkan, giat vaksinasi dilakukan bekerjasama dengan jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas terdekat. "Ada sebanyak 14 orang vaksinator dari jajaran Dinas Kesehatan yang membantu proses vaksinasi," katanya.

Ia menambahkan, dari 416 vial jumlah vaksin Sinovac yang disediakan, terpakai sebanyak 389,4 vial dan sisanya sebanyak 26,6 vial disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan HST.

Dikatakannya, kegiatan dalam rangka mendukung program Pemerintah Sejuta vaksin perhari itu juga dikontrol langsung oleh Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Kombes Pol Zulkifli Ismail.

"Antuasias masyarakat ternyata cukup tinggi untuk bersedia divaksin, padahal target kita cuma 1.500 warga, tetapi yang datang hampir empat ribu orang," katanya.

Ia mengimbau agar adanya peran masyarakat untuk berkontribusi menghentikan wabah ini dengan melakukan vaksin dan mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan menerapkan 5 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas).

"Ayo kita sukseskan program pemerintah ini. Juga merupakan ikhtiar agar kita semua terhindar dari penyebaran penyakit menular COVID-19," tuntasnya.

Baca juga: Ratusan kendaraan aset Pemkab HST nunggak pajak, ada yang sampai sembilan tahun
Baca juga: Kajari: Walau MoU kami tetap awasi Pemkab HST, jangan kira tak punya taring lagi
Baca juga: Polres HST tangkap sekdes diduga menjadi jaringan pengedar sabu

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021