Usaha yang dirintis Aris, warga Kecamatan Rungan Barat, Palangkaraya, Kalimantan Tengah ini berkembang pesat, salah satunya karena kegigihannya menjadi agen BRILink.

Aris (33) yang juga aparatur sipil negara (ASN) ini mulai bergabung menjadi agen pertama BRILink di Desa Rabambang di bawah Kantor Wilayah BRI Banjarmasin ini pada 2016.

Pria yang kesehariannya menjadi guru di SMA Tumbang Talaken ini mengaku tidak menyangka langkah beraninya menjadi agen BRILink bisa mengubah kehidupannya. 

Aris bercerita, sebelum menjadi ASN, dia merupakan seorang pedagang pakaian, kemudian nasib mengantarkan memjadi ASN, hingga dirinya mengembangkan diri untuk menjadi agen BRILink.

Awal cerita minat jadi agen BRILink ini saat melihat peluang itu karena banyak warga desa yang menjadi nasabah BRI.

"Saya melihat banyak penduduk Desa Rabambang yang sudah menjadi nasabah BRI akan tetapi masih banyak dari mereka yang kesulitan ketika ingin bertransaksi di bank, dikarenakan kondisi jalan yang rusak," tuturnya.

Apalagi, ujarnya, ketika kondisi cuaca tidak bersahabat, yakni, terjadi hujan lebat, jalan di sana tidak bisa dilalui sama sekali. 

Karena itu, kata dia, warga desanya yanf ingin mengakses layanan perbankan via kantor dan ATM terdekat, masyarakat di sana harus menempuh jarak dengan waktu sekitar 30 menit. 

Di sinilah pikiran bekerja untuk membuka layanan perbankan melalui BRILink tersebut dengan menyewa sebuah toko, tujuannya untuk memudahkan masyarakat bertransaksi melalui dirinya, selain ada keuntungan yang didapatkan dari itu.

"Dulunya saya cuma mengontrak toko orang untuk berjualan, sekalian jadi sarana BRILink. Alhamdulillah akhirnya sekarang sudah mempunyai toko sendiri," ujarnya.

Berlahan-lahan, usahanya sebagai agen BRILink berkembang pesat dengan bsnyak nasabah yang mau transaksi keuangan di Kecamatan Rungan Barat.

Tidak sampai di sana, untuk menambah penghasilan, Aris mampu memperluas usaha dengan membangun sebuah ruko dan usaha budidaya burung wallet, penjualan pulsa, pakaian, sepatu sandal, serta toko obat. 

Dengan dukungan para agen BRILink hingga seluruh pelosok Indonesia, BRI berkontribusi meningkatkan perekonomian masyakarat dengan memberikan akses layanan perbankan. BRI berkomitmen untuk turut serta mewujudkan ekonomi kerakyatan melalui inklusi keuangan.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021