Pelaihari,(Antaranews Kalsel) - Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut (BLH Tala), Kalimantan Selatan, Riyadi mengungkapkan, Kabupaten Tanah Laut bertekad meraih Adipura Kencana tahun 2016 mendatang.


"Saat ini kita sebenarnya sudah tiga kali meraih Adipura, namun waktunya terpisah. Untuk tahun ini kita berharap kembali meraih Adipura sehingga peluang untuk meraih Adipura Kencana tahun 2016 mendatang bisa terealiasi," ujar Riyadi, di Pelaihari, Senin (20/4).

Menurut dia, Adipura Kencana Bagi Kabupaten Tanah Laut merupakan target utama, untuk bisa meraih itu tentunya diperlukan peran semua pihak terkait.

"Adipura Kencana dapat terealisasi apabila secara berturut-turut tiga kali mendapatkan Adipura," ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk meraih Adipura Kencana tidaklah mudah, selain tiga kali berturut-turut meraih Adipura, peran semua pihak terkait sangatlah penting.

"Baik itu satuan kerja perangkat daerah (SKPD), elemen masyakat sanagt diharapkan bantaunnya untuk menjaga kebersihan lingkungan yang menjadi objek penilaian Adipura," terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, dalam SKPD sendiri, peran pimpinan juga sangat diperlukan untuk memotivasi bawahannya, tanpa hal itu sulit untuk merealisasikan Adipura Kencana bagi Kabupaten Tanah Laut.

"Saya sangat berharap, komitmen pimpinan SKPD bekerjasama mewujudkan Adipura Kencana, begitu juga masyarakat dapat menjaga lingkungan dengan baik," tegasnya.

Kemudian, sebut dia, pihaknya juga meminta masyarakat berpartisipasi dalam penghijauan terutama menanam pohon dan tidak membakar sampah.

"Buanglah sampah pada tempatnya dan perbanyak menanam pohon pelindung dilingkungan masing-masing," tandasnya Kepala BLH Tala.

Pewarta: arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015