Balangan, (AntaranewsKalsel) - Hari pertama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Balangan, dimeriahkan dengan pawai ta`ruf yang diikuti 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.


Bupati Balangan H Sefek Effendie, di Paringin, Minggu menyampaikan, pawai ta`ruf merupakan ajang saling mengenal antar sesama kilafah se-Kalimantan Selatan, sekaligus dapat menghibur warga setempat.

"Pawai ini merupakan kesempatan kita untuk saling mengenal, baik secara individu maupun budaya masing-masing daerah, baik berupa pakaian, tarian dan berbagai hal yang bermanfaat," ungkapnya.

Sefek berharap, pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXVIII di Balangan, akan meriah dan sukses, dengan berjalan lancar dan memberikan kesan yang baik untuk seluruh peserta dan warga setempat.

"Kita berharap pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan ini berjalan sukses dan memberikan kesan yang baik untuk semua pihak," harapnya.

Pawai ta`ruf sendiri dimulai sekitar pukul 15.00 wita, dengan rute mulai depan Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kecamatan Paringin Selatan hingga Lapangan Marthasura Paringin.

Jalur lalulintas tampak macet, karena pawai dilaksanakan di jalan Nasional lintas Provinsi Kalimantan, dan banyaknya warga yang menyaksikan turut memadati jalan raya.

Pawai yang dilaksanakan dengan berjalan kaki tersebut finish di Lapangan Marthasura Paringin Kota, Kecamatan Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, dengan jarak sepanjang dua kilometer.

Seluruh peserta pawai ta`ruf menampilkan berbagai pertunjukan, baik busana, tarian dan marching band dari daerah masing-masing dengan berbagai khas daerahnya.

Pawai yang dihadiri oleh Bupati Balangan beserta wakil, Ketua DPRD Balangan, dan seluruh Kepala SKPD di Pemkab Balangan, dilepas oleh Sekdaprov Kalsel, H M Arsyadi.

Sekdaprov sendiri mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Arifin yang berhalangan hadir pada acara MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ke XXVIII di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015