Sebanyak 21 mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan mendapat bantuan program fasilitas magang mahasiswa vokasi tahun 2021 dari Kementerian Pendidikkan, Kebudayaan dam Riset Teknologi (Mendikbud-Ristek) RI.

Penyerahan bantuan program fasilitas magang mahasiswa vakasi 2021 Politeknik Negeri Banjarmasin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Vokasi tersebut dilaksanakan Ruang Multi Media Kampus Poliban, Rabu.

Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi usai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut menyatakan, program bantuan ini didapat para mahasiswanya dalam menjalankan program magang akademik selama 6 bulan.

"Sebenarnya ini dua sesi, yang sebanyak 21 mahasiswa ini pada sesi pertama, kalau sesi kedua nanti mahasiswa lainnya lagi, itu sekitar bulan Juli," tuturnya.
Direktur Poliban Joni Riadi saat menyerahkan secara simbolis bantuan fasilitas magang mahasiswa vokasi tahun 2021 dari Kemendikbud-Ristek.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Diungkapkan Joni Riadi, para mahasiswa yang dapat bantuan program magang dari Kemendikbud-Ristek ini dari lima jurusan pada 15 program studi (Prodi).

"Sebenarnya kan kampus kita punya 19 program studi, tapi yang empat baru, jadi belum ada mahasiswa semester atas," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Program Mahasiswa Magang Politeknik Negeri Banjarmasin Darmansyah MT mengungkapkan, program ini adalah program yang sda di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbud-Ristek dalam mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka.

"Dalam program itu ada wajib magang selama 6 bulan, dalam rangka mendorong itu, Kemendikbud-Ristek memberi bantuan agar berjalan dengan baik, jangan sampai mahasiswa kesulitan untuk itu," terangnya.

"Bantuan itu berbentuk tunai, jadi ada perhitungannya, yakni, antar wilayah, misalnya magang dalam kota, antar kota hingga antar provinsi, berbeda hitungan besaran bantuan," terangnya.

Menurut dia, Poliban beruntung mendapatkan program ini, yakni, salah satu dari 16 kampus politeknik negeri di Indonesia, dari  sebanyak 44 Politeknik Negeri se-Indonesia yang mengharapkan dapat bantuan ini.

"Jadi total 286 mahasiswa dari 16 politeknik negeri se-Indonesia yang dapat, Poliban dapat sebanyak 21 mahasiswa. Ini baru tahap satu," tuturnya.

Pada tahap kedua, kata Darmansyah, pada bulan Juli nanti diusulkan lebih banyak lagi yang dapat program fasilitas magang mahasiswa vokasi dari  Kemendikbud-Ristek ini.

"Ditahap kedua ini dipastikan akan lebih banyak, karena banyak yang menenuhi syarat, seperti tahun 2020 lalu lebih 50 mahasiswa mendapat," ujarnya.

Tentunya program ini sangat membantu, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana ekonomi masyarakat juga tengah goyah.
Direktur Poliban Joni Riadi saat menyerahkan secara simbolis bantuan fasilitas magang mahasiswa vokasi tahun 2021 dari Kemendikbud-Ristek.(Antaranews Kalsel/Sukarli)

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021