Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Hulu Sungai Utara meraih juara satu Lomba Usaha Peningkatan, Pendapatan Keluarga atau UP2K se-Kalimantan Selatan yang diraih  UP2K Desa Pandulangan Kecamatan Sungai Pandan Alabio.

    
Kelebihan UP2K desa ini selain administrasi dan kerjasama yang bagus, laba usahanya juga mampu membayar honor guru di lembaga pendidikan anak usia dini atau PAUD.
    
Penghargaan diserahkan langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Selatan Hj Hayatun Fardah Rudi Arifin kepada  Ketua Tim Penggerak PKK Hulu Sungai Utara Anisah Rasyidah Wahid pada puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 di Lapangan Kantor Bupati Tanah Bumbu di Batulicin, Rabu.
    
Anisah menyatakan rasa syukur dan gembira atas hasil usaha UP2K Desa Pandulangan dan upaya yang sudah dilakukan tim Pokja II PKK Hulu Sungai Utara yang diketuai Hj Lailatanur Raudah atas pembinaan terhadap UP2K selama ini.
    
Anisah mengatakan dengan diraihnya prestasi ditingkat propinsi  ini diharapkan mampu memotivasi kinerja UP2K di desa-desa lain di Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk meningkatkan UP2K lebih meningkat.
    
Ia juga gembira karena beberapa lomba PKK ditingkat propinsi pada 2015 yakni sebanyak lima kategori sudah masuk nominasi untuk meraih.
    
Sementara Ketua kelompok kerja (pokja) bidang pendidikan Tim Penggerak PKK HSU Hj Lailatanur Raudah mengatakan kelebihan UP2K Desa Pandulangan hingga meraih juara satu ditingkat propinsi Kalsel disebebkan UP2K ini mampu menghasilkan laba usaha.

Laba tersebut, tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan anggotanya, namun sebagian sisa keuntungan juga dialokasikan untuk membayar  honor guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Pandulangan.
    
"Kalau di desa lain honor guru PAUD khususnya yang berstatus negeri dibayarkan Dinas Pendidikan, sedangkan yang swasta digaji pihak yayasan, sedang di Desa Pandulangan honor guru PAUD dibayar dari sisa hasil keuntungan kegiatan UP2K" jelas Lailatanur.
    
Bahkan, hasil kentungan usaha bersama ini bisa memberikan bantuan sembako kepada anggota seperti pada saat bulan puasa dan tunjangan hari raya.
    
Beberapa usaha digeluti UP2K Desa Pandulangan seperti simpan pinjam, kue kering, telor, penjualan bahan bakar minyak premium dan sulaman bordir.
    
"Fokus usaha ini memang untuk meningkatkan pendapatan keluarga dari masyarakat kurang manpu agar meningkat taraf kehidupan mereka" terang Laila.
    
Hingga 2015 modal yang dimiliki UP2K Desa Pandulangan mencapai Rp700 juta.
    
UP2K Desa Pandulangan dimulai sejak 1985 dan secara berkesinambungan mendapat bantuan modal usaha dari PT Adaro Indonesia.
    
"Pada. Oktober- nopember profil UP2K Desa Tambalangan akan diserahkan ke propinsi untuk diikutsertakan pada lomba ditingkat nasional" pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015