Kepengurusan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) periode 2021-2025 resmi dilantik Pengurus KORMI Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di All Outbond Camp, Loksado.

Panitia Pelantikan KORMI HSS, Hasan A, di Loksado, Sabtu (19/6), mengatakan berterima kasih atas izin yang diberikan Tim Gugus Tugas Satgas COVID-19 Kabupaten HSS, sehingga pelantikan dapat dilaksanakan dengan lancar dan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"KORMI ada tiga cabang olahraga secara umum saat ini dibina yakni, olahraga tradisional dan kreasi budaya, olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan dan tantangan, dan kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi yang diberikan semua pihak untuk acara ini," katanya, dalam laporan.

Ketua KORMI HSS, H Kartoyo, mengatakan semua langkah dan upaya akan diusahakan pengurus KORMI HSS, dalam menjalankan amanah serta visi misi sebagai organisasi produktif dan menunjang Kabupaten HSS menjadi kabupaten yang beradab dan bermartabat.
 
Pelantikan KORMI Kabupaten HSS periode 2021-2025 (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Audiensi KORMI HSS upaya sinergikan program dan kegiatan dengan pemkab

Dijelaskan dia, proses panjang yang dijalani hingga pelantikan dilaksanakan, dan sebagai ketua KORMI merasa bangga atas perjuangan seluruh pengurus dalam memberikan kontribusi, tenaga, pikiran dan waktunya.

"Jabatan ketua bukan apa-apa tanpa ada pengurus-pengurus lainnya yang punya semangat juang yang tinggi dalam memajukan olahraga rekresiasi agar terwujud maksud dan tujuan di organisasi KORMI, diharapkan ke depannya organisasi dengan pelantikan ini makin termotivasi, menjadi solid dan harmonis untuk kemajuan bersama," katanya.

Sekretaris KORMI Kalsel, Hj Galoeh Chairunnisa, mengatakan secara nasional kedudukan KORMI sederajat dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Paralympic Committee (NPC), dan keberadaannya diakui sebagaimana diatur dalam UU 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Menurut dia, KORMI juga memiliki event pembinaan secara rutin, seperti Porda di tingkat provinsi dan Pornas di tingkat nasional, yang dilaksanakan sesuai dengan kemampuan pendanaan, untuk Porda di Kalsel akan digelar Oktober 2021 mendatang dengan 48 cabang olahraga, bentuk seleksi rencana untuk mengikuti Pornas di Palembang, Sumatera Selatan.

Pembinaan untuk olahraga di KORMI jauh lebih mudah karena tidak memerlukan lapangan berstandar, dan pihaknya juga sangat mengharapkan arahan dan pembinaan, khususnya fasilitasi anggaran berupa dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

"Karena untuk menjadikan atlet berpretasi tidak bisa serta merta, harus dilakukan pembinaan dari bawah, apalagi di HSS sudah dikenal lama sebagai lumbung atlet berprestasi, tak terkecuali diolahraga rekreasi," katanya.
 
Penandatangan berita acara pelantikan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: Ketua KORMI HSS apresiasi pengurus INATKF bina atlet muda

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus KORMI HSS, dan merupakan bagian dari semangat bersama dalam memasyarakat olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Apalagi  di tengah kondisi pandemi COVID-19 imunitas tubuh harus dijaga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus, kehadiran KORMI juga menjadi bagian promosi olahraga rekreasi di masyarakat dan sarana berprestasi bagi atlet.

"KORMI diharapkan dapat tempat dan mengambil hati masyarakat, dan mendukung visi misi Kabupaten HSS menuju sejahtera dunia akhirat, dan kami dari Pemkab HSS siap bersinergi sesuai dengan tugas dan kemampuan yang ada, selamat atas pelantikan untuk berikan pengabdian pada masyarakat, berikan peningkatan kuantitas dan kualitas olahraga kita," katanya.

Turut berhadir, Wakapolres HSS Kompol Reinaldo beserta perwakilan unsur Forkopimda HSS, Wakil Ketua II DPRD HSS HM Kusasi, Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, H Saribuddin, perwakilan Disporapar HSS, pengurus KORMI Kalsel dan pengurus KORMI HSS periode 2021-2025.
 
Jajaran Pengurus KORMI Kabupaten HSS periode 2021-2025 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021