Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Muhammad Noor, M.AP mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka percepatan realisasi APBD Provinsi, kabupaten atau kota tahun 2021, melalui Video Conference (Vidcon), di ruang Media Center Pemkab HSS.

Ia mengatakan, hari ini diperintahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada semua daerah, untuk percepatan penyerapan APBD secara nasional kita diminta 35 persen untuk bulan Juni.

Baca juga: Wabup HSS buka sosialisasi rencana pembangunan rumah bagi ASN

"Dan data kita untuk Kabupaten HSS per hari ini sudah mencapai 32 persen, jadi kami minggu depan nanti akan fokus untuk penyerapan pembayaran insentif bagi tenaga kesehatan," katanya dalam keterangan, Jum'at (18/6). 

Dijelaskan dia, maka dengan cara itu diharapkan target untuk Kabupaten HSS di angka 35 persen, di akhir bulan Juni 2021 mendatang bisa tercapai.

Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori, mengatakan, bahwa tujuan rapat untuk menyatukan langkah dan strategi percepatan realisasi APBD tahun anggaran 2021 guna menstimulus pertumbuhan ekonomi di daerah. 

Dikatakan pula, untuk memberikan gambaran hasil analisa dan evaluasi realisasi APBD tahun anggaran 2021 per 11 Juni 2021, termasuk informasi beberapa pemerintah daerah yang realisasi belanjanya rendah atau dibawah rata-rata nasional. 

Baca juga: Rakor pengendalian COVID-19, Kalsel ditarget pertumbuhan ekonomi lima persen

“Serta untuk sinergitas dengan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan stakeholders terkait dalam upaya peningkatan realisasi belanja APBD tahun anggaran 2021,” katanya. 

Turut hadir mengikuti Vidcon tersebut, Kepala Inspekturat HSS, Rusmajaya, Kepala Bekauda HSS, H. Nanang, F.M.N,  dan Kabid PM dan SDM Dinas Kesehatan HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021